EVALUASI PERKERASAN JALAN SERTA PERENCANAAN LAPIS TAMBAH (OVERLAY) MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 1987 DAN METODE BINA MARGA 2017

  • KUSMIANDANI Kusmiandani INDONESIA

Abstract

Abstrak

Jalan raya adalah jalan primer yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya di bidang perhubungan terutama untuk kelangsungan distribusi barang dan jasa. Jalan raya Kalianget terletak di ujung timur Kabupaten Sumenep – Madura tepatnya di Kecamatan Kalianget. Lokasi ini merupakan kawasan industri, pariwisata dan perikanan sehingga membuat jumlah kendaraan yang melewati jalan raya Kalianget meningkat dan akan memengaruhi keadaan perkerasan jalan. Kerusakan jalan rata-rata disebabkan oleh lebihnya waktu umur jalan yang telah direncanakan, adanya genangan air di atas permukaan jalan yang tidak bisa mengalir akibat tidak adanya saluran drainase maupun saluran drainase yang tidak dapat menampung air dengan baik, serta mempercepat umur rencana jalan yang disebabkan oleh beban lalu lintas yang memiliki muatan berlebih (overload).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerusakan yang terjadi serta cara penanganan jalan yang sesuai dan mendapatkan tebal lapis tambahan (overlay) menggunakan metode bina marga 1987 dan metode bina marga 2017. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, data yang didapatkan dari instansi terkait juga hasil pengamatan peneliti di lapangan. Kerusakan yang terjadi pada jalan raya Kalianget antara lain tambalan (40,90%), pengelupasan lapis permukaan (37,63%), retak buaya (8,72%), pelepasan butir (4,96%), retak pinggir (3,31%),  lubang (1,61%), retak memanjang (1,25%), keriting (0,77%), retak melintang (0,555), kegemukan (0,21%), dan alur (0,10%). Penanganan jalan raya Kalianget termasuk urutan prioritas >7 yang berarti cukup dimasukkan dalam pemeliharan rutin. Hasil tebal lapis tambahan (overlay) metode bina marga 2017 yaitu 5 cm lebih besar dibandingkan hasil overlay metode bina marga 1987 sebesar 4 cm. Perbedaan hasil tebal lapis tambahan (overlay) dari kedua metode tersebut disebabkan adanya perbedaan pada proses perancangan, kriteria dan prosedur penyelesaiannya.

Kata Kunci: Jalan raya Kalianget, kerusakan jalan, penanganan jalan, tebal lapis tambahan (overlay)

Abstract

The highway is a primary road that connects one area to another for transportation, especially for the distribution of products and services. The Kalianget highway is located at the eastern end of Sumenep – Madura Regency, especially in Kalianget District. This location is an industrial, tourism, and fisheries industry area, so the flows of transportation that pass through the Kalianget highway increase, affecting the road construction condition. The average road damage is caused by the overtime of the planned road life, and there is water on the surface of the road that cannot drain due to the absence of drainage channels or drainage channels that cannot accommodate water properly, as well as accelerate of the road design caused by overloaded traffic.

This study aims to determine the damage that occurred and the appropriate way of handling the road and getting an additional layer of the thickness (overlay) using the 1987 Bina Marga method and the 2017 Bina Marga method. This study is quantitative, and the data obtained from the relevant agencies are also the observation results of researchers in the field. The damage occurred on the Kalianget highway include patches (40.90%), surface peeling (37.63%), crocodile cracks (8.72%), grain release (4.96%), edge cracks (3,31%), pits (1.61%), longitudinal cracks(1.25%), curls (0.77%), transverse cracks (0.555), fatness (0.21%), and grooves (0.10%). The handling of the Kalianget highway is in the order of priority > 7, which means it is enough to be included in routine maintenance. The result of the additional layer thickness (overlay) of the Bina Marga 2017 method, which is 5 cm, is greater than the result of the overlay of the 1987 Bina Marga method of 4 cm. The difference in the results of the overlay thickness of the two methods is due to differences in the design process, criteria, and completion procedures.

Keywords: Highway of Kalianget, Road damage, Handling the road, overlay  

Published
2022-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 323