Desain Struktur Dermaga Multipurpose 15000 DWT Pelabuhan Tanjung Gelon Desa Kembang Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan Menggunakan Metode Beton Pracetak

  • Aditya Arif Hartanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Ketiadaan stasiun kereta api, pelabuhan dan bandar udara di Kabupaten Pacitan maka keperluan logistik maupun transportasi dari maupun menuju Kabupaten Pacitan hanya bisa ditempuh melalui jalur darat utamanya mobil, motor, bus, dan Truk yang menyebabkan mahalnya harga-harga transportasi maupun logistik dari dan menuju Kabupaten Pacitan. Akan tetapi hal tersebut dapat dikurangi efeknya dengan adanya pembangunan pelabuhan di Kabupaten Pacitan, kenapa pelabuhan? Tidak lain dan tidak bukan karena Kabupaten Pacitan adalah daerah yang berbatasan langsung dengan laut sehingga pelabuhan merupakan suatu jawaban yang tepat untuk masalah ini. Pelabuhan terdiri dari beberapa struktur bangunan salah satunya adalah dermaga, pada artikel ini akan direncanakan struktur dermaga Pelabuhan Tanjung Gelon dengan kapasitas kapal layan maksimal adalah 15000 DWT, struktur dermaga terdiri dari beberapa bagian yaitu sistem fender, sistem bollard, pelat lantai, balok, pilecap dan tiang pancang. Struktur dermaga Pelabuhan Tanjung Gelon direncanakan menggunakan sistem fender Bridgestone Hyper Cell HC1150H, sistem bollard Maritime International MT100, pelat lantai beton komposit dengan tebal 500 mm yang diawali dengan pelat lantai beton pracetak tebal 220 mm, sistem balok komposit dan pracetak yang memiliki beberapa dimensi, pilecap ukuran 2000 x 2000 dengan tebal 1500 mm, adapun tiang pancang yang digunakan adalah tiang pancang baja tipe Nippon Steel Steel Pile yang memiliki tebal 22 mm dan diameter 1000 mm dengan panjang total struktur tiang 36 m.

Published
2022-10-10
Section
Articles
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 385