MODEL HUBUNGAN PENUTUPAN PERLINTASAN SEBIDANG DENGAN PANJANG ANTRIAN KENDARAAN Jl. BASUKI RACHMAD JOMBANG (Studi Kasus : Perlintasan Sebidang Sebelah Timur Stasiun Jombang)

  • Granada Putri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Seiring dengan bertambahnya aktivitas masyarakat dan meningkatnya kebutuhan akan transportasi, berdampak pula pada perkembangan pembangunan jaringan jalan, salah satunya adalah perkembangan pembangunan jaringan jalan yang mempertemukan dua jenis sarana transportasi yang berbeda, yakni jalan dengan lintasan kereta. Perpotongan sebidang jalan dengan lintasan kereta api Jl. Basuki Rachmat Jombang merupakan perlintasan atau persimpangan yang terbentuk dari pertemuan antara dua jenis sarana transportasi yang berbeda. . Pertemuan antara dua moda transportasi inilah yang akan menimbulkan berbagai macam permasalahan lalu lintas di antaranya adalah panjangnya antrian kendaraan saat pintu perlintasan tertutup . Untuk mengetahui pola permasalahan lalu lintas yang terjadi maka akan dibuat model korelasi antara panjang durasi tertutupnya pintu lintasan dengan tingginya angka antrian kendaraan. Model korelasi pertama adalah model korelasi antara panjang durasi tertutupnya pintu lintasan dengan tingginya angka antrian kendaraan real lapangan, dan model kedua merupakan model korelasi antara panjang durasi tertutupnya pintu lintasan dengan tingginya angka antrian metode shock wave. Digunakan metode analisis regresi sederhana untuk mendapatkan pemodelan terbaik. Didapatkan model korelasi antara panjang durasi tertutupnya pintu lintasan dengan tingginya angka antrian real lapangan y = -0.0052x2 + 0.991x – 35.943 dengan y merupakan tingginya angka antrian kendaraan real lapangan dan x merupakan panjang durasi tertutupnya pintu lintasan. Didapatkan pula model korelasi terbaik antara panjang durasi tertutupnya pintu lintasan dengan tingginya angka antrian kendaraan hasil analisis metode shock wavedengan y = 0.3748x + 0.0464 dengan y merupakan tingginya angka antrian kendaraan hasil analisis metode shock wave dan x merupakan panjang durasi tertutupnya pintu lintasan.
Kata Kunci: Perlintasan sebidang, tingginya angka antrian, model hubungan.

Along with the increase in public activity and the increasing need for transportation, it also has an impact on the development of road network development, one of which is the development of road network construction between two types of transportation infrastructure, such as roads and railroads. Crossing a plot of road with the railroad tracks Jl. Basuki Rahmat Jombang is one of the crossings formed from the meeting between two types of transportation infrastructure. The meeting between these two modes of transportation will cause various kinds of traffic problems, including the long queue of vehicles when the crossing gate is closed. To find out the pattern of traffic proble ms that occur, a relationship model will be made between the length of closing the crossing gate and the length of the vehicle queue. The first relationship model is the relationship model between the length of the crossing gate closing time and the queue length of the real field vehicles, and the second model is the relationship model between the length of the crossing gate closing time and the queue length of the shock wave method. Simple regression analysis method is used to get the best modeling. So that we get a model of the relationship between the length of the crossing gate closing time and the real vehicle queue length y = -0.0052x2 + 0.991x - 35.943 where y is the real field vehicle queue length and x is the length of time the crossing gate closes. The best relationship model between the length of the crossing gate closing time and the vehicle queue length from the analysis of the
shock wave method with y = 0.3748x + 0.0464 with y being the length of the queue of vehicles resulting from the analysis of the shock wave method and x being the length of time for closing the crossing gate.
Keywords: railway level crossings, vehicle queue, relationship model.

Published
2023-01-05
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 96