Kajian Kuat Tekan Pada Mortar Geopolimer Berbahan Dasar Abu Terbang, Abu Sekam Padi, dan Kaolin Menggunakan Alkali Aktivator NaOH 8 Molar

  • Fitrianisa Krisna Setyaningtyas Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada penelitian kali ini membahas mengenai mortar terkhusus geopolimer dengan bahan pengganti abu terbang, abu sekam padi, dan kaolin dengan rasio yang bervariasi dan abu terbang 100% sebagai kontrol mortar geopolimer. Penelitian ini mengunakan alkali aktivator Sodium Silikat (Na₂SiO₃) dan Sodium Hidroksida (NaOH) dengan konsentrasi 8 Molar, adapun rasio SS/SH senilai 2 serta rasio water to solid (W/S) senilai 0,42.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa komposisi terbaik adalah mix design 2 kuat tekan 36,93 MPa pada usia pengujian 28 hari dengan persentase material yang digunakan yaitu 90% abu terbang dan 10% abu sekam padi + kaolin (dengan perincian 90% abu terbang dan 10% kaolin) sebagai pengganti abu terbang 10%. Penggunaan kaolin mampu menaikkan kuat tekan, akan tetapi kaolin dengan persentase lebih dari 10% dari abu terbang 90% cenderung menurunkan kuat tekan.

 

Kata Kunci: Mortar, Geopolimer, Abu Terbang, Abu Sekam Padi, Kaolin, Kuat Tekan.  

Published
2023-07-21
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 0