PENGARUH SISTEM SANITASI TERHADAP KUALITAS AIR SUMUR DANGKAL PADA PERUMAHAN TIPE KECIL DI KOTA MOJOKERTO

  • IQBAL IGUSMAN

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air sumur dangkal pada perumahan tipe kecil di Kota Mojokerto dengan dipengaruhi adanya sistem sanitasi. Data diperoleh dengan cara observasi lapangan yang dilakukan dengan mengambil air sumur dangkal dari masing-masing rumah yang diteliti, selain itu juga dengan cara wawancara yang dilakukan dengan tanya jawab sesuai dengan instrumen yang diteliti.

Pelaksanaan pengujian kualitas air dilakukan di Laboraturium Air Institut Sepuluh Nopember Surabaya. Kandungan kimia dalam air yang diteliti diantaranya Daya hantar Listrik (DHL), derajat keasaman (pH), Khlorida (Cl-), Total Dissolved Solid (TDS), Nitrat (NO3), Kalium Permanganat (KMnO4), dan Total Koliform. Untuk sistem sanitasi yang baik adalah menggunakan saluran yang tertutup dan kedap air atau tidak bocor. Untuk memenuhi standart rumah sehat perletakan titik air sumur dangkal dengan peresapan minimal berjarak 10 m.

Setelah dilakukan pengujian ada beberapa parameter yang sangat berlebihan pada semua sumber air sumur dangkal. Dari sini dapat disimpulkan bahwa hampir semua air sumur dangkal pada perumahan tipe kecil di Kota Mojokerto tidak layak untuk dikonsumsi. Untuk sistem sanitasi pada perumahan tipe kecil yang diteliti sebagian besar sudah memenuhi standart.

Kata Kunci : Sistem Sanitasi, Kualitas Air.

Published
2014-08-25
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 1499