Pengaruh Sistem Sanitasi Terhadap Kualitas Air Sumur Dangkal pada Perumahan Tipe Kecil di Kabupaten Lamongan

  • AFIF KRISTANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air sumur dangkal pada perumahan tipe kecil di Kabupaten Lamongan dengan dipengaruhi adanya sistem sanitasi. Data diperoleh dengan cara observasi lapangan yang dilakukan dengan mengambil air sumur dangkal dari masing-masing rumah yang diteliti, selain itu juga dengan cara wawancara yang dilakukan dengan tanya jawab sesuai dengan instrumen yang diteliti.

Pelaksanaan pengujian kualitas air dilakukan di Laboraturium Air Institut Sepuluh Nopember Surabaya. Kandungan kimia dalam air yang diteliti diantaranya Daya hantar Listrik (DHL), derajat keasaman (pH), Khlorida (Cl-), Total Dissolved Solid (TDS), Nitrat (NO3), Kalium Permanganat (KMnO4), dan Total Koliform. Untuk sistem sanitasi yang baik adalah menggunakan saluran yang tertutup dan kedap air atau tidak bocor. Untuk memenuhi standart rumah sehat perletakan titik air sumur dangkal dengan peresapan minimal berjarak 10 m.

Setelah dilakukan pengujian didapatkan Total Koliform yang sangat berlebihan pada semua sumber air sumur dangkal. Dari sini dapat disimpulkan bahwa semua air sumur dangkal pada perumahan tipe kecil di Kabupaten Lamongan tidak layak untuk dikonsumsi. Sistem sanitasi pada perumahan tipe kecil yang diteliti sebagian besar sudah memenuhi standart.

Kata kunci: Sistem sanitasi, Air sumur dangkal, Rumah tipe kecil

This study aims to determine the water quality of shallow wells in the small type of housing in Lamongan influenced by the presence of sanitary system. The data obtained by field observations made by taking water from the shallow wells each house under study, but it is also a way of interviews conducted by question and answer in accoedance with the instrument under study.

Implementation of water quality testing conducted in Laboratory Water Tenth of Nopember Institute of Surabaya.Chemical constituens in water are studied including Electrical Conductivity (EC), the degree of acidity (pH), Chloride (Cl-), Total Dissolved Solid (TDS), Nitrate (NO3), Potassium Permanganate (KMnO4), and Total Colieform. For a good sanitation system is using the closed channel and watertight leak. To meet the standard of a healthy home, the placement point between shallow water wells and infiltration within 10 m.

After being tested, Total Colieform acquired from all of shallow watersource are in very excessive amounth. From this it can be concluded that all the water wells in the shallow small type housing in Lamongan unfit for consumption. Residential sanitation system in small type under study largely meet the standard.

Keywords: Sanitary system, Water wells shallow, Small type house 


Published
2014-08-25
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 77