THE IMPLEMENTATION OF EXTENSIVE READING ACTIVITY TO TEACH READING A DESCRRIPTIVE TEXT TO THE SEVENTH GRADERS OF SMP MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA 

  • DINA PUJI LESTARI NURINGTYAS

Abstract

 

Abstrak

Membaca adalah salah satu keterampilan yang harus dipelajari (Otto’, 1997: 179). Nunan (2003: 68) menyatakan bahwa membaca adalah keterampilan yang penting untuk dikuasai demi kesuksesan di kelas pembelajaran membaca dan kesuksesan di kelas yang lainnya diperlukan kemampuan membaca bacaan berbahasa Inggris. Nunan (2003: 69) juga menyebutkan bahwa tujuan membaca adalah memahami. Selain itu, kelemahan siswa dalam memahami bacaan disebabkan oleh kurangnya kosakata siswa. Terlebih lagi siswa kurang membaca dan kuran memiliki motivasi membaca selama proses belajar. Meningat tujuan dari membaca tersebut, guru Bahasa Inggris harus lebih kreatif dalam melaksanakan proses belajar-mengajar untuk menarik minat belajar siswa.

 

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, guru dianjurkan menggunakan teknik tertentu dalam melaksanakan proses belajar-mengajar sebagai cara alternative untuk membantu siswa memahami bacaan. Guru di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya menggunakan Kegiatan Membaca Ekstensif untuk mengajar keterampilan membaca di kelasnya. Membaca Ekstensif digunakan untuk membantu siswa mencappai tujuan membaca. Guru melaksanakan Kegiatan Membaca Ekstensif untuk mengajar siswa kelas tujuh. Maka, untuk mengetahui pelaksanaan Kegiatan Membaca Ekstensif, peneliti melaksanakan penelitian di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya.

Dalam penelitian ini, Kegiatan Membaca Esktensif digunakan untuk mengajar membaca teks deskriptif. Maka, ada tiga hal yang akan dianalisa: 1) Bagaimana pelaksanaan Kegiatan Membaca Ekstensif dalam pengajaran keterampilan membaca teks deskriptif pada siswa kelas tujuh di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya?, 2) Bagaimana pemahaman membaca teks deskriptif siswa setelah menggunakan Kegiatan Membaca Ekstensif untuk siswa kelas tujuh di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya?, 3) Bagaiamana respon siswa dengan menggunakan Kegiatan Membaca Ekstensif dalam pembelajaran membaca teks deskriptif di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya?

 

Berhubungan dengan pertanyaan tersebut, penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif, sehingga hasil penelitian dijelaskan dalam bentuk kata-kata. Selain itu, data dikumpulkan melalui catatan lapangan, tugas siswa, dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga waktu pengamatan di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya untuk mengetahui pelaksanaan Kegiatan Membaca Ekstensif untuk mengajar membaca teks deskriptif dengan menggunakan teknik ini.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Kegiatan Membaca Ekstensif tidak sesuai dengan teori. Guru tidak memahami bagaimana cara menggunakan Kegiatan Membaca Ekstensif dan tidak mengetahui karakteristik Kegiatan Membaca Ekstensif. Menurut guru pengajar, pelaksanaan Kegiatan Membaca Ekstensif dapat dilaksanakan di dalam kelas; ia hanya membutuhkan bahan bacaan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa tanpa menggunakan teks yang panjang. Walaupun pelaksanaan Kegiatan Membaca Ekstensif tidak sesuai dengan teori, siswa dapat memahami teks dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa siswa yang telah memenuhi kriteria pada rubric. Respon siswa juga menunjukkan bahwa Kegiatan Membaca Ekstensif membantu mereka dalam memahami teks deskriptif karena bahan bacaan yang mereka dapatkan mudah dimengerti.

Pada intinya, pelaksanaan Kegiatan Membaca Ekstensif dalam pembelajaran membaca teks deskriptif di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya belum benar. Tetapi, kegiatan ini dapat membantu siswa dalam memahami teks.

Kata Kunci: Membaca, Membaca Ekstensif, Teks Deskriptif

 

Abstract

Reading is one of difficult skills to be learnt (Otto’, 1997: 179). Nunan (2003:68) added that reading is the most important skill to master in order to ensure success not only in reading learning class, but also in learning any content classes in which reading materials written in English are required. Nunan (2003:69) also stated that the goal of reading is comprehension. Moreover, the students’ weaknesses in reading comprehension are caused by their poor vocabulary. In addition, students lack of reading and motivation during the learning process. Considering the goal of reading, English teachers have to be more creative to conduct the teaching learning process in order to attract student’s interest.

In order to solve the problem, the teacher should use a certain technique in teaching learning process as an alternative way to help the students comprehend a text. The teacher of SMP Muhammadiyah 4 Surabaya applied extensive reading activity to teach reading in her class. Extensive reading is used to help the student achieve the goal of reading. The teacher implemented extensive reading activity to teach reading of seventh graders. Therefore, to know the implementation of extensive reading, the researcher conducted a study in SMP Muhammadiyah 4 Surabaya.

                In this study, extensive reading activity is offered to teach reading descriptive text. Thus, there are three things that would be analyzed: 1) How is the implementation of extensive reading activity in teaching reading descriptive text to seventh graders in SMP Muhaammadiyah 4 Surabaya?, 2) How is the students’ reading comprehension of descriptive text after using extensive reading activity for seventh graders in SMP Muhammadiyah 4 Surabaya?, 3) How are the students’ responses by applying extensive reading activity in teaching reading descriptive text in SMP Muhammadiyah 4 Surabaya?.

                Dealing with those questions, this study was conducted qualitatively, so that the result was described in the form of words. The data were collected through field note, students’ tasks, and interview. This study was done during three observations in SMP Muhammadiyah 4 Surabaya to find out the implementation of extensive reading activity to teach reading a descriptive text for seventh graders, the students’ ability and students’ response after being taught by using this technique.

                The result of the study revealed that the implementation of extensive reading activity did not follow the theory. The teacher still did not know the characteristics of extensive reading and how to implement it. According to the teacher, the implementation of extensive reading can be done in the class; she just needed to use a variety of material based on the student level and ability without using longer text. Even-though the implementation is not appropriate, the students can comprehend the descriptive texts well. It could be seen from the number of students who had already fulfilled the criteria of the rubric. The students’ responses also showed that the extensive reading activity helps the student comprehend a descriptive text since the material which they got is understandable. 

                In short, the implementation of extensive reading in teaching reading a descriptive text in SMP Muhammadiyah 4 Surabaya is incorrect. But, it still can help the students comprehend a text. 

Key words: Reading, extensive Reading, descriptive text.

Published
2015-07-23
How to Cite
PUJI LESTARI NURINGTYAS, D. (2015). THE IMPLEMENTATION OF EXTENSIVE READING ACTIVITY TO TEACH READING A DESCRRIPTIVE TEXT TO THE SEVENTH GRADERS OF SMP MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA . RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12387
Abstract Views: 182
PDF Downloads: 809