THE USE OF GUESSING GAMES IN OUTDOOR TO TEACH VOCABULARY FOR SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP TPI GEDANGAN

  • HIFDA ELYSA RAHMA

Abstract

Pengajaran bahasa Inggris ditekankan pada empat keterampilan bahasa: membaca, mendengar, berbicara, dan menulis. Penguasaan kosakata dianggap sebagai kekuatan dalam menggunakan kemampuan bahasa. Siswa memiliki kesulitan untuk menghasilkan beberapa kata dan mengekspresikan ide-ide mereka. Mereka tidak bisa mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis dengan baik jika mereka tidak tahu kosakata dengan baik. Horby (1987) menyatakan bahwa, kosakata adalah jumlah kata yang (dengan peran menggabungkan mereka) membentuk bahasa. Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada kata benda (noun). Dia melakukan penelitiannya di SMP TPI Gedangan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas tujuh SMP TPI Gedangan karena pada level ini, mereka membutuhkan strategi untuk meningkatkan penguasaan kosa kata mereka. Berdasarkan latar belakang, peneliti melakukan penelitian di SMP TPI Gedangan Sidoarjo dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas tujuh. Sebelum dia datang penelitian, dirumuskanlah dua pernyataan penelitian. Mereka adalah "Bagaimana implementasi menebak permainan di luar ruangan untuk mengajarkan kosakata untuk siswa kelas tujuh", dan "Bagaimana menebak permainan di luar ruangan siswa  bias meningkatkan penguasaan kosa kata mereka".

Dalam studi ini, menebak permainan di luar ruangan yang digunakan sebagai media alternatif dalam meningkatkan pelajar muda penguasaan kosa kata. Mereka digunakan untuk memperkenalkan kosakata baru yang ditangani pada kurikulum lokal. Allen dan Vallete (1997) menyatakan bahwa, Permainan menawarkan perubahan yang menyenangkan dari kecepatan dalam pelajaran sehingga mereka bisa memotivasi siswa dalam belajar kosa kata, mengurangi kebosanan, dan meningkatkan penguasaan kosakata.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah catatan lapangan, angket dan tes. Data diperoleh dari hasil catatan lapangan dan kuesioner tentang bagaimana guru menerapkan menebak permainan di outdoor sebagai bahan untuk mengajar kosa kata, dan hasil tes (skor siswa). Peneliti sebagai guru dilaksanakan menebak permainan di luar ruangan dengan cara yang berbeda dalam setiap pertemuan. Ini bisa mengurangi kebosanan siswa. Berdasarkan analisis data, peneliti membuat kesimpulan bahwa pelaksanaan menebak permainan di luar ruangan itu baik untuk mengajarkan kosakata. Para siswa yang tertarik dalam proses belajar-mengajar dengan menggunakan tebak-tebakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket siswa dan catatan lapangan. Selain itu, hasil tes siswa ditingkatkan dari pertama pertemuan kedua. Pada pertemuan pertama nilai rata-rata kelas adalah 70 dan pertemuan kedua adalah 90,4. Ini berarti bahwa skor siswa juga meningkat dari pertama dan kedua menulis.

Berdasarkan penjelasan di atas itu berarti bahwa pelaksanaan menebak permainan di luar ruangan adalah efektif untuk mengajarkan kosakata. Ini bisa membuat siswa termotivasi dan tertarik dalam belajar kosa kata. Mereka juga sepakat bahwa menebak permainan di luar ruangan harus digunakan dalam proses belajar mengajar kosakata.

Kata kunci: vocabulary, game, guessing game

 

Abstract

Teaching of English is emphasized on the four language skills: reading, listening, speaking, and writing.  Vocabulary mastery is considered a power in using language skills. Students have difficulties to produce some words and express their ideas. They cannot listen, speak, read and write well if they don’t know vocabulary well. Horby (1987) states that, vocabulary is the total number of words which (with role for combining them) make up the language. In this research, the researcher focuses in the used of noun. She did her research in SMP TPI Gedangan. The subject of the study was seventh grade students of SMP TPI Gedangan because in this level, they need strategy to increase their vocabulary mastery. Based on the background, the researcher did a research in SMP TPI Gedangan Sidoarjo and the subject of the study was the seventh grade students. Before she came to the research setting, she formulated two research statements. Those were “How is the implementation of guessing games in outdoor to teach vocabulary to the seventh grade students”, and “How does guessing game in outdoor help the students improve their vocabulary mastery”.

In this study, guessing games in outdoor were applied as an alternative media in increasing the young learners' vocabulary mastery. They were used to introduce new vocabulary which dealt on the local curriculum. Allen and Vallete  (1997) states that, The games offered a pleasant change of pace in the lesson so they could motivate the students in learning vocabulary, reduced the boredom, and improved the students' vocabulary mastery.

This study was action research. The instruments that are used by the researcher are field note, questionnaire and test. The data were gained from the results of the field notes and questionnaire about how the teacher implemented guessing games in outdoor as the material for teaching vocabulary, and the results of the test (the students’ score). The researcher as a teacher was implemented guessing games in outdoor in different ways in each meeting. It could reduce the students’ boredom. Based on the analysis data, the researcher makes conclusion that the implementation of guessing games in outdoor was good for teaching vocabulary. The students were interested in the teaching-learning process by using guessing games. It could be seen from the results of students’ questionnaire and field note. Besides that, the results of students’ test were improved from the first to second meeting. In first meeting the mean score of the class was 70 and second meeting was 90.4. It means that the students’ score were also increased from the first and second writing.

Based on the explanation above it means that the implementation of guessing games in outdoor was effective to teach vocabulary. It could make students motivated and interested in learning vocabulary. They also agreed that guessing games in outdoor should be used in teaching –learning process of vocabulary.

Keywords: vocabulary, game, guessing game


Published
2013-07-30
How to Cite
ELYSA RAHMA, H. (2013). THE USE OF GUESSING GAMES IN OUTDOOR TO TEACH VOCABULARY FOR SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP TPI GEDANGAN. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3434
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 42