TEACHING READING OF NARRATIVE TEXT USING THE BOARD GAME TO EIGHT GRADERS

  • AULIA DRIFANI KURNIASARI

Abstract

Bahasa Inggris diajarkan kepada siswa sebagai bahasa asing. Masalah yang sering dihadapi oleh guru bahasa inggris sebagai bahasa asing adalah ketika siswa pasif di dalam kegiatan belajar mengajar (snell:1991). Menurut Prasad (2004) permainan membuat pelajar belajar dengan mudah dan menyenangkan selain itu permainan memberikan motivasi terhadap siswa dengan partisipasi yang aktif. Permainan dapat digunakan oleh guru agar siswa tidak pasif saat kegiatan belajar mengajar. Guru harus dapat memilih permainan yang sesuai dengan kemampuan siswa sehingga guru tersebut berhasil menggunakan permainan dalam kegiatan belajar mengajar. Jones (2005) memberikan saran board game untuk digunakan oleh guru. Ada beberapa keuntungan menggunakan permainan ini sebagai metode pengajaran. Antara lain: (1) dapat memeberikan ulasan tentang apapun, (2) latihan struktur tata bahasa (3) menggunakan kosakata suara, penekanan kata atau intonasi, (4) memberikan topik percakapan dan (5) ulasan kosakata. Penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan atau tidak antara siswa yang diajar dengan menggunakan board game dan yang tidak serta respon siswa ketika guru menggunakan board game. Penelitian kuantitatif digunakan untuk menguji teori efektivitas pengajaran membaca teks narasi menggunakan "board game". Metode kuantitatif digunakan karena data yang digunakan dalam analisis dalam bentuk angka. Hasil dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan siswa sebelum dan sesudah pemberian pengobatan. Sedangkan hasil dari kuesioner adalah siswa setuju bahwa board game tersebut berguna untuk mereka. Mungkin karena ada penjelasan yang kurang dalam papan permainan. jadi, bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan topik yang sama, mengeksplorasi lebih banyak kegiatan yang memberikan penjelasan.
Kata Kunci: membaca, teks narasi, board game, siswa kelas VIII

Abstract
English teachers in Indonesia teach the students use English as a foreign language. A common problem for EFL teacher is when the students are passive (snell:1991). According to Prasad (2004) games make the learners learn with ease and fun and also give a self-motivating environment to the learners with their active participation. Games can be used by the teacher in order to make the students not passive in the class but the teacher has to decide the suitable game to her/his students in order to make the teacher conduct games in the classroom successfully. Jones (2005) suggested the board game to be used by the teacher. According to her, there are several advantages of teaching using board games. They are (1) Board game can be used to review anything, (2) practice any grammar structure, (3) Go over individual sounds, word stress or intonation, (4) provide conversation topics and (5) review vocabulary words. The writer conducted this study to know whether there is significant difference or not between the students who are taught by using board games and who are not and the students’ response when the teacher used board game. Experimental quantitative research was used to test the theory of the effectiveness of teaching reading of narrative text using “the board game”. Quantitative method is used because the data which are used in analysis are in the form of numbers. The result of this study is there was no significant difference of students’ ability before and after giving the treatment. Meanwhile the result of the questionnaire was the students agreed that the board game is useful for them. It might be because there was less explanation in the board game. so, for the next researchers who want to conduct the same topic, explore more activities that gives explanation.
Key words: Reading, narrative text, board game, eight graders

Published
2013-08-22
How to Cite
DRIFANI KURNIASARI, A. (2013). TEACHING READING OF NARRATIVE TEXT USING THE BOARD GAME TO EIGHT GRADERS. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3954
Abstract Views: 284
PDF Downloads: 76