Implementation of Peer Feedback in Writing Descriptive text in Junior High School

  • Dwika Aditya Puji Laksana Unesa

Abstract

Abstrak

 

        Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan peer-feedback untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dan untuk mengetahui kualitas hasil siswa dalam menulis deskriptif. Penelitian ini juga mengamati bagaimana respon siswa setelah mendapat peer-feedback. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif sebagai metodologi penelitian karena peneliti ingin mendeskripsikan hasil tulisan siswa dengan menggunakan peer-feedback. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa SMP kelas VIII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi lapangan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis siswa setelah mendapatkan peer-feedback. Setelah menerapkan peer-feedback dalam penulisan deskriptif, hal itu dapat mempengaruhi siswa secara signifikan. Mereka dapat mengetahui kelemahan mereka dan dapat memberikan lebih banyak informasi untuk penulisan yang lebih baik. Terbukti dari total kemajuan data yang diperoleh peneliti, peer-feedback memang bisa memberikan pengaruh yang signifikan pada percobaan kedua.

Kata kunci: peer-feedback, menulis, teks deskriptif.     

Abstract

 

The aim of this study are to describe the use of peer-feedback to improve students’ writing ability and to find out the quality of students’ result in descriptive writing. The study also observed about how the response of the students after having peer-feedback. This study used qualitative designed as the research methodology since the researcher would like to describe the result of students writing by using peer-feedback. The subject of this study was 30 students of junior high school in VIII grade. The instruments used of this study were observation field and interview. The result showed that there was improvement of students’ writing after having peer-feedback. After implementing peer-feedback in descriptive writing, it could significantly affect students. They could know their weakness and could give more information for better writing. It was proven by the total of the progress of the data obtained by the researcher, peer feedback indeed could make a significant effect in the second try.

Keyword: peer-feedback, writing, descriptive text.

Published
2022-02-03
How to Cite
Puji Laksana, D. (2022). Implementation of Peer Feedback in Writing Descriptive text in Junior High School. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 9(03), 160-164. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/42992
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 70