GARAP MUSIK REOG DI DAPUR SENI PROBO WENGKER KABUPATEN PONOROGO

  • ANGGA YAN PRASETYA

Abstract

Kesenian tradisional merupakan bentuk seni musik yang bersumber dan telah dirasakan sebagai milik sendiri oleh masyarakat lingkungannya, serta menjadi ciri, identitas, maupun cermin kepribadian masyarakat pendukungnya. Kesenian tradisional selalu diteruskan secara turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya. Kesenian tradisional secara tidak langsung telah mengakar dalam masyarakat. Kehidupan manusia selalu mempunyai kebutuhan  yang  dicapai, untuk memenuhinya manusia menciptakan sesuatu  yang  disebut kebutuhan. Kesenian tradisional merupakan sesuatu  yang hidup dan dimiliki oleh masyarakat tertentu. Musik adalah sesuatu yang universal dan sangat fleksibel. Tidak ada batasan tertentu yang bias dijadikan patokan arti, konsep atau defenisi maupun dari sisi stuktur dan juga instrumentasinya.
Kesenian Reog merupakan seni tradisi Kabupaten Ponorogo dan sangat melekat terhadap eksistensi Kabupaten Ponorogo. Reog Ponorogo sebagai salah satu kesenian tradisional daerah juga telah diakui sebagai kesenian daerah yang berkembang secara Nasional. Salah satu komunitas Reog Ponorogo yang saat ini sedang eksis di wilayah ponorogo dan memiliki banyak prestasi adalah lembaga seni atau sanggar “Dapur Seni Probo Wengker” yang bermarkas di Padepokan Reog Jalan Pramuka 19A Kota Ponorogo. Berbagai ragam atau jenis bentuk garapan musik Reog telah dihasilkan oleh berbagai komunitas yang ada di Ponorogo. Bentuk atau garapan musik Reog yang telah dihasilkan oleh komunitas ini lambat laun dan pasti mereprentasikan identitas komunitas itu dengan sendirinya. Dalam komunitas “Dapur Seni Probo Wengker” juga terbentuk suatu garapan musik Reog yang melambangkan jati diri mereka dengan sendirinya.
Keunikan ide komposer yang mampu dituangkan dalam setiap garap musiknya terkadang mampu menggabungkan musik tradisi dengan kekuatan fleksibilitas musik diatonis Barat. Seperti salah satu contohnya musik Reog yang diberi nuansa ritmis hip hop yang pernah mereka tuangkan dalam penggarapan musiknya. Dengan melihat ciri khas dan keunikan Dapur Seni Probo Wengker dalam mengaplikasikan ide-ide garap musik Reog dan banyak prestasi-prestasi yang diperoleh.

Kata Kunci : Kesenian Tradisional, Musik Tradisional, Dapur  Seni Probo Wengker

Published
2016-08-02
How to Cite
YAN PRASETYA, A. (2016). GARAP MUSIK REOG DI DAPUR SENI PROBO WENGKER KABUPATEN PONOROGO. Solah, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/16563
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 706