MENGUNGKAP NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM KARYA DRAMATARI  “LANJAR SRI PENGANTI”

  • DWI CAHYANI PUTRI S.

Abstract

Karya tari Dramatari Lanjar Sri Penganti memiliki dua fokus karya yaitu nilai-nilai kearifan lokal dan dramatari. Karya tari ini bertujuan untuk : (1) Menemukan pola garap sebuah tari bercerita berkelompok dengan menggabungkan segala macam unsur-unsur pendukungnya dan mengungkap nilai-nilai kearifan lokal daerah kabupaten Tuban dalam sebuah penyajian karya tari Dramatari dengan bentuk visual dan audio. (2) Mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal dalam sebuah cerita rakyat “Lanjar Maibit” yang menjadi refleksi dari budaya masyarakat kabupaten Tuban.
Kajian teori dalam karya tari Dramatari Lanjar Sri Penganti merujuk pada teori-teori koreografi, drama, kearifan lokal dan hakikat foklor. Metode penciptaan berawal dari rangsang ide atau gagasan kemudian dijabarkan melalui konsep penciptaandan melalui proses penciptaan yaitu eksplorasi, kerja studio, metode analisa dan evaluasi dan metode penyampaian karya.
Karya tari Lanjar Sri Penganti dalam penyajiannya menampilkan unsur-unsur sebagai pendukung kekaryaan antara lain : Setting Panggung, Tata Cahaya, Tata Rias Dan Busana, Bahan Busana, Busana Setiap Tokoh, Tata Rias Wajah Dan Rambut, Alat-Alat Rias Dan Rambut, Properti, dan Iringan.
Nilai-nilai Kearifan lokal  yang terdapat dalam karya tari dramatari Lanjar Sri Penganti antara lain Adat Peminangan, Adat Pernikahan, Pelestarian dan menjaga keseimbangan dengan alam, Alat dan Nama panggilan “Lanjar”. Elemen-elemen bentuk Dramatari sebagai pendukung yang terdapat dalam karya tari dramatari ini adalah desain dramatik, musik iringan, vokal, skenario, penokohan dan lattar. Saran dalam hal ini ditujukan kepada pemerintah, seniman, dan masyarakat. Semua pihak tersebut harus memiliki pandangan dan tekat yang sama dalam memperhatikan sebuah kekayaan lokal dan perkembangan Seni Tari khususnya di kota Surabaya. Karena kecerdasan masyarakat setempat adalah salah satu cara meminimalisir dampak dari arus globalisasi.


Kata Kunci: Lanjar Sri Penganti, Nilai-nilai Kearifan Lokal, Dramatari.

Published
2014-11-09
How to Cite
CAHYANI PUTRI S., D. (2014). MENGUNGKAP NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM KARYA DRAMATARI  “LANJAR SRI PENGANTI”. Solah, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/9906
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 534