Nilai Estetis Struktur Melodi Karya Musik “Middernacht Harmony in D Minor”

  • MUSRIES SHOLEH

Abstract

Penulisan berikut ini adalah penulisan yang membahas tentang karya musik Middernacht Harmony in D Minor yang telah ditampilkan pada ujian tugas akhir karya  Jurusan Sendratasik di Taman Budaya Cak Durasim tanggal 31 Mei 2010. Middernacht Harmony in D Minor berasal dari bahasa Belanda yang berarti Harmony Malam. Karya Musik ini menceritakan tentang tekanan hidup yang dirasakan penulis dan menceritakan tentang waktu malam sebagai waktu berintuisi yang dianggap paling baik disaat hidup sedang tertekan. Middernacht Harmony in D Minor terdeiri dari 180 birama dan mempunyai bentuk musik tiga bagian kompleks yaitu A kompleks yang terdiri dari kalimat A, A1, B, B1, B2, B3, B4, B5, C, D, E Cadenza, B Kompleks yang terdiri dari kalimat B6, B7, F, F1, B8, B9, F2, F3, G, H, H1 dan C Kompleks yang terdiri dari kalimat I, B9, J, J1, A2 dan B2. Fokus yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah capaian nilai estetis dan struktur melodi pada karya Middernacht Harmony in D Minor dengan.pendekatan teori General Criteria Monroe Beardsley dan teori estetika dari A.A.M Djelantik yaitu Keutuhan (Unity) yang akan membahas tentang kesetakupan karya kemudian Kerumitan (Complexity) yang membahas tentang kerumitan dan keberagaman dari karya dan Intensitas (Intensity) yang membahas tentang kwalita suasana yang dibangun

Kata Kunci: Nilai Estetis, Struktur Melodi

Published
2014-11-09
How to Cite
SHOLEH, M. (2014). Nilai Estetis Struktur Melodi Karya Musik “Middernacht Harmony in D Minor”. Solah, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/9908
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 75