Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Team Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik

  • Armawati Hidayati SMP IT Insan Permata
Keywords: problem based learning, team games tournament, pembelajaran IPS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPIT Insan Permata Bojonegoro Kelas VII  yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan metode yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar materi mitigasi bencana. hal ini dapat dilihat melalui indikator sebagai berikut: 1) keaktifan siswa ditinjau secara individu terjadi peningkatan dari 63,75%  (siklus 1) menjadi 86,46 % (siklus 2); 2) keaktifan siswa ditinjau secara kelompok terjadi peningkatan dari 62,22%  (siklus 1) menjadi 85,14 % (siklus 2). Dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran  PBL dan TGT dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa baik secara individu maupun kelompok pada materi mitigasi bencana.

References

Fatchan, A. & Dasna, I. W. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Jenggala Pustaka Utama bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Kusuma, W., dkk. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Kedua). Jakarta : PT. Indeks.

Rusman, D. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Sudjana, N. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Ramaja Rosda Karya.

Solikah, R. (2012). Penerapan PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 SATAP Tagulandang Selatan dalam Matapelajaran IPS Terpadu pada Materi Atmosfer dan Hidrosfer. Penelitian Tindakan Kelas tidak dipublikasikan. Malang:UM.

Susanto, R. (2013). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX-B SMP Negeri 34 Surabaya Tahun Pelajaran 2013 – 2014. Penelitian Tindakan Kelas yang tidak dipublikasikan. Surabaya : UNESA.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Ulfa, M. (2008). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Pokok Bahasan Atmosfer pada Siswa Kelas VII Semester II SMPN 18 Malang Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang Fakultas Matematika dan Il

Published
2020-11-18
Section
Articles
Abstract Views: 303
PDF Downloads: 555