Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Team Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik

Authors

  • Armawati Hidayati SMP IT Insan Permata

DOI:

https://doi.org/10.26740/sosearch.v1n1.p39-45

Keywords:

problem based learning, team games tournament, pembelajaran IPS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPIT Insan Permata Bojonegoro Kelas VII  yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan metode yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar materi mitigasi bencana. hal ini dapat dilihat melalui indikator sebagai berikut: 1) keaktifan siswa ditinjau secara individu terjadi peningkatan dari 63,75%  (siklus 1) menjadi 86,46 % (siklus 2); 2) keaktifan siswa ditinjau secara kelompok terjadi peningkatan dari 62,22%  (siklus 1) menjadi 85,14 % (siklus 2). Dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran  PBL dan TGT dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa baik secara individu maupun kelompok pada materi mitigasi bencana.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-18

Issue

Section

Articles
Abstract views: 358 , PDF Downloads: 649