Petunjuk Penulis

Sebelum menyerahkan artikel diharapkan penulis membaca petunjuk ini.

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk SOSEARCH (Social Science Educational Research)?

KE LOGIN

Butuh nama pengguna dan kata sandi?

KE REGISTRASI

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

TEMPLATE

Aturan penulisan selengkapnya dapat dilihat dan diunduh melalui template. Template Download Disini.

PEDOMAN UMUM DAN LAYOUTS

Naskah merupakan naskah asli (belum pernah dipublikasikan di tempat lain) yang bersumber dari hasil penelitian, kajian kepustakaan dan ulasan ilmiah lainnya. SOSEARCH (Social Science Educational Research) mempublikasikan  penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran pendidikan IPS.

Artikel harus asli, dalam arti belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan pada jurnal lain dan terbebas dari unsur plagiarism. Penulisan naskah menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar.

Panjang naskah antara 8–15 halaman, kertas ukuran A4, diketik 1 spasi,  Word tahun 2003 ke atas, Cambria 11, margin atas, bawah 3 cm dan kanan 2,5 cm, dan kiri 4 cm.

STRUKTUR ARTIKEL

Struktur artikel hasil penelitian

  • JUDUL: Judul diharapkan jelas, efektif dan efisien, maksimal judul terdiri dari 15 kata termasuk kata penguhubung.
  • NAMA PENULIS: Penulis yang dicantumkan tanpa gelar.
  • Institusi: Institusi dicantumkan disertai dengan alamat e-mail (hanya untuk Corresponding Author).
  • ABSTRAK: Panjang abstrak minimal 150 kata dan maksimal 200 kata, disertai kata kunci minimal 3 kata maksimal 5 kata.
  • PENDAHULUAN: ditulis tanpa sub judul. Pendahuluan dalam naskah sudah termasuk latar belakang, tujuan penelitian, kerangka teoritis atau kajian pustaka yang mengacu pada pustaka terbaru. Sumber Pustakan minimal 10 Jurnal Internasional yang terbaru (10 tahun terakhir). Total pustaka minimal 15 sumber.
  • METODE PENELITIAN: Metode Penelitian ditulis tanpa sub judul. Metode penelitian dalam naskah menjelaskan mengenai pendekatan, prosedur/metode yang digunakan, lokasi penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
  • HASIL DAN PEMBAHASAN. Sub judul dalam hasil dan pembahasan disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil dan pembahasan ditulis secara sistematis. Grafik/Chart, Tabel disesuaikan dengan kebutuhan.
  • SIMPULAN. dijelaskan secara singkat berupa esai tidak poin, untuk menjawab tujuan penelitian. Saran dan rekomendasi atas hasil penelitian dan kesempatan untuk melaksanakan penelitian selanjutnya.
  • REFERENSI: Seluruh sumber kutipan yang ada dalam naskah harus masuk ke dalam referensi. Gaya penulisan kutipan mengikuti pedoman dari APA 7. Gaya APA dapat dilihat di http://www.apastyle.org/pubmanual.html. Penulisan kutipan dan rujukan juga disarankan menggunakan aplikasi mendeley (https://www.mendeley.com).

Berikut ini contoh dari pengutipan yang disarankan.

  • Sumber berasal dari buku.

Nama Belakang, Insial. (Tahun). Judul Buku.Tempat Publikasi: Penerbit.

 Contoh:

 Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. New York: Jossey-Bass.

  • Sumber berasal dari Artikel Jurnal

Nama Belakang, Insial. (Tahun). Judul Artikel Jurnal. Jurnal Penerbit, Volume (Nomor), Halaman.

Contoh:

White, E. (2009). Student perspectives of peer assessment for learning in a public speaking course. Asian EFL Journal, 33(1), 1-36.

Tierney, R., & Simon, M. (2004). What's still wrong with rubrics: focusing on the consistency of performance criteria across scale levels. Practical Assessment, Research & Evaluation, 9(2), 1-10.

 Suñol, J. J., Arbat, G., Pujol, J., Feliu, L., Fraguell, R. M., & Planas-Lladó, A. (2016). Peer and self-assessment applied to oral presentations from a multidisciplinary perspective. Assessment & Evaluation in Higher Education, 41(4), 622-637.