Penerapan Model Mind Maping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Ana Hidayati SMP Negeri 7 Bojonegoro
Keywords: Mind Mapping, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Hasil belajar mempunyai hubungan langsung dengan kegiatan pembelajar-an dalam kelas. Hasil belajar sering kali dikaitkan dengan ketepatan pemilihan dan penerapan model pembelajaran. Data hasil observasi awal menunjukkan; nilai rata-rata ranah kognitif siswa dibawah. Sementara kegiatan afektif siswa juga tergolong dalam kategori sikap kurang bahkan sangat kurang antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu diterapkan pembelajaran yang mampu mengarahkan siswa untuk lebih tertarik kepada materi sekaligus meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Alternatif pembelajaran tersebut adalah penerapan pembelajaran model Mind Mapping yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 7 Bojonegoro. Dengan subjek siswa kelas  VII A yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan sub pokok bahasan yang berbeda. Teknik pengumpulan data hasil belajar ranah Kognitif dengan menggunakan tes pada akhir setiap siklus, sedangkan hasil belajar ranah afektif siswa menggunakan lembar angket. Data tersebut dianalisis dengan perhitungan rata-rata dan persentase yang kemudian diartikan secara deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Model pembelajaran Mind Mapping dapat digunakan untuk mengatasi masalah hasil belajar juga dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Buzan, T. (2018). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia.

Dimyati dan Mudjiono. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, DEPDIKBUD.

Harianti, D. (2018). Metode Jitu Meningkatkan Daya Ingat. Jakarta: PT Tangga Pustaka.

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hikmawati, C. R. (2013). Penerapan Strategi Mind Map Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.

Segara, N. B. (2016). Pentingnya Pemahaman Jati Diri Keilmuan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1).

Sumarmi. (2018). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing

Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran kooperatif Mind Mapping berbantu audio visual dalam meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13-19.

Susanti, S. (2016). Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 25-37.

Ramdhani, N. (2018). Menjadi Guru Inspiratif. Jakarta: Titian foundation.

Tim Depdiknas. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Research) Bahan Pelatihan Dosen LPTK dan Guru Sekolah Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Guru Menengah.

Yastama, W.P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping (Mind Map) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII D Semester II di SMP Negeri 17 Malang (Materi Atmosfer dan Hidrosfer). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.

Widianti, S. (2014). Keefektifan Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS. Journal of Elementary Education, 3(2), 64-70.

Widura, S. (2018). Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Published
2020-11-18
Section
Articles
Abstract Views: 555
PDF Downloads: 310