Tingkat Kemacetan dan Realita Transportasi di Jalan Letjen Suprapto, Kecamatan Sumbersari, Jember

  • Muhammad Asyroful Mujib Universitas Jember
  • Ahmad Farhan Alfani Universitas Jember
  • Fahrudi Akhwan Ikhsan Universitas Jember
Keywords: Kemacetan, Transportasi, Mobilitas Sekuler, Sepeda Motor, Jalan Letjen Suprapto

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang cepat akan menuntut kebutuhan transportasi seperti jumlah kendaraan dan kondisi jalan yang memadai. Kondisi jalan yang tidak sesuai dengan jumlah kendaraan yang semakin meningkat akan menyebabkan permasalahan transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab masalah transportasi di jalan Letjen Suprapto, Kabupaten Jember dalam rangka mendukung mobilitas sekuler para pekerja dari wilayah selatan Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dengan pengamatan dan perhitungan jumlah kendaraan yang menuju kota pada pagi, siang, dan sore hari saat hari kerja, yaitu pada pukul 06:30-07:30 pagi, 13:00-14:00 siang, dan 16:30-17:30 sore selama 1 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah kendaraan yang masuk ke kota Jember lebih banyak saat pagi hari dibandingkan waktu lainnya. Jenis kendaraan yang paling banyak melintas di Jalan Letjen Suprapto adalah Sepeda motor dengan persentase 90% dari semua jenis kendaraan, dan dalam waktu satu jam rata-rata terdapat 4205 sepeda motor yang berpotensi tinggi terjadi kecelakaan. Pada siang hari jumlah kendaraan kembali stabil dan tidak berpotensi macet. Selanjutnya pada sore hari jumlah kendaraan meningkat kembali dikarenakan mobilitas para pekerja yang kembali ke desa mereka pada sore hari. Tiga pilar aksi penting yang perlu segera diwujudkan untuk mengatasi kemacetan dan permasalahan tranportasi adalah pengembangan fasilitas transportasi umum yang memadai, peningkatan rasio jalan, dan membatasi jumlah kendaraan pribadi pengguna.

Author Biography

Fahrudi Akhwan Ikhsan, Universitas Jember

Pendidikan Geografi, Universitas Jember

References

Apparicio, P., Gelb, J., Carrier, M., Mathieu, M. È., & Kingham, S. (2018). Exposure to noise and air pollution by mode of transportation during rush hours in Montreal. Journal of Transport Geography, 70, 182–192. https://doi.org/10.1016/j.jtrangeo.2018.06.007

Cédric, L., Goriaux, M., Tassel, P., Perret, P., André, M., & Liu, Y. (2016). Impact of Aftertreatment Device and Driving Conditions on Black Carbon, Ultrafine Particle and NOx Emissions for Euro 5 Diesel and Gasoline Vehicles. Transportation Research Procedia, 14, 3079–3088. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2016.05.454

Chang, X., Chen, B. Y., Li, Q., Cui, X., Tang, L., & Liu, C. (2013). Estimating real-time traffic carbon dioxide emissions based on intelligent transportation system technologies. IEEE Transactions on Intelligent Transportation Systems, 14(1), 469–479. https://doi.org/10.1109/TITS.2012.2219529

Chapman, L. (2007). Transport and climate change: a review. Journal of Transport Geography, 15(5), 354–367. https://doi.org/10.1016/j.jtrangeo.2006.11.008

Ferreira, M., & D’Orey, P. M. (2012). On the impact of virtual traffic lights on carbon emissions mitigation. IEEE Transactions on Intelligent Transportation Systems, 13(1), 284–295. https://doi.org/10.1109/TITS.2011.2169791

Gautam, D., & Bolia, N. B. (2020). Air pollution : impact and interventions. Air Quality, Atmosphere & Health, 13, 209–223. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11869-019-00784-8

Gitelman, V., Hendel, L., Carmel, R., & Bekhor, S. (2012). An examination of the national road-safety programs in the ten world’s leading countries in road safety. European Transport Research Review, 4(4), 175–188. https://doi.org/10.1007/s12544-012-0081-x

Javid, M. A., Mehmood, T., Asif, H. M., Vaince, A. U., & Raza, M. (2017). Travelers’ attitudes toward carpooling in Lahore: motives and constraints. Journal of Modern Transportation, 25(4), 268–278. https://doi.org/10.1007/s40534-017-0135-9

Joewono, T. B., Tarigan, A. K. M., & Susilo, Y. O. (2016). Road-based public transportation in urban areas of Indonesia: What policies do users expect to improve the service quality? Transport Policy, 49, 114–124. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2016.04.009

Leem, J. H., Kim, S. T., & Kim, H. C. (2015). Public-health impact of outdoor air pollution for 2 nd air pollution management policy in Seoul metropolitan area , Korea. Annals ofOccupational and Environmental Medicine, 27(7), 3–11. https://doi.org/10.1186/s40557-015-0058-z

Nurdin, E. A., Kurnianto, F., Apriyanto, B., & Ikhsan, F. (2018). DEMOGRAPHIC FACTORS INFLUENCE ON POPULATION ADDED IN SUMBERSARI JEMBER DISTRICT EAST JAVA. GEOSFERA INDONESIA, 2(1), 60–66.

Oviedo-Trespalacios, O., Truelove, V., Watson, B., & Hinton, J. A. (2019). The impact of road advertising signs on driver behaviour and implications for road safety: A critical systematic review. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 122, 85–98. https://doi.org/10.1016/j.tra.2019.01.012

Pan, H., Li, J., & Chen, P. (2016). Study on the Ownership of Motorized and Non-motorized Vehicles in Suburban Metro Station Areas: A Structural Equation Approach. Urban Rail Transit, 2(2), 47–58. https://doi.org/10.1007/s40864-016-0037-x

Santosa, S. P., Mahyuddin, A. I., & Sunoto, F. G. (2017). Anatomy of injury severity and fatality in Indonesian traffic accidents. Journal of Engineering and Technological Sciences, 49(3), 412–422. https://doi.org/10.5614/j.eng.technol.sci.2017.49.3.9

Stern, N. (2008). The economics of climate change. American Economic Review, 98(2), 1–37. https://doi.org/10.1257/aer.98.2.1

Sugiyanto, G., Malkhamah, S., Munawar, A., & Sutomo, H. (2011). Estimation of Congestion Cost of Motorcycles Users in Malioboro, Yogyakarta, Indonesia. International Journal of Civil & Environmental Engineering, 11(1), 8.

Wen, W. (2008). A dynamic and automatic traffic light control expert system for solving the road congestion problem. Expert Systems with Applications, 34(4), 2370–2381. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2007.03.007

Published
2020-11-18
Section
Articles
Abstract Views: 339
PDF Downloads: 946