Situs Bersejarah di Kota Pusara Para Raja Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan IPS Melalui Sudut Pandang Struktural Fungsional

  • Fariza Wahyu Utami Universitas Negeri Surabays
  • Muhammad Kanugroho Novianto Universitas Negeri Surabaya
  • Prihatini Alfath Universitas Negeri Surabaya
Keywords: fungsionalisme struktural, pembelajaran IPS, masyarakat

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan pengetahuan yang multidisiplin ilmu dimana dalam satu objek pembahasan akan dapat dilihat dari banyak sudut pandang ilmu sosial. Pengamatan dalam kegiatan penelitian difungsikan sebagai salah satu cara untuk membawa keadaan yang nyata kepada peserta didik. Secara tidak langsung sebagai contoh nyata dari ilmu sosial yang sedang dipelajari, menerapkan essensialisme yang “berkata akan mengalahkan sentuhan secara langsung”. Tempat pengamatan ini meliputi Candi Penataran, Kebun Kopi Karanganyar atau De Karanganjar Koffieplantage dan Pusara Bung Karno. Merujuk pada masyarakat yang secara fungsionalisme struktural dipengaruhi oleh proses kehidupan pada zaman terdahulu yang masih dipegang erat. Sudut pandang fungsi masyarakat dalam pengamatan membantu untuk mengingat juga ikut serta kembali pada masa itu, pengamatan ini dilakukan sebagai bentuk pembelajaran nilai-nilai dan norma yang ada. Wawancara dilakukan dengan cara tatap muka, observasi secara langsung dengan menyentuh dan diabadikan dalam bentuk foto yang menghasilkan data kualitatif. Data hasil pengamatan di olah dengan menggunakan konsep ilmu sosial sehingga menjadi tema dari pembelajaran IPS yang terintegrasi.

References

Akkus, Z. (2015). Activitybased teaching in social studies education: An action research. Educational Research and Reviews, 10(14), 1911-1921.

Banurea, D. (2018). Pemanfaatan Dana Desa Dalam Pembangunan Desa (Suatu Penelitian di Desa Perolihen, Kec. Sitellu Tali Urang Jehe, Kab. Pakpak Bharat). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 3(1).

Cahyo, F. D., Arta, K. S., & Purnawati, D. M. O. (2018). Makam Bung Karno Di Bendogerit Sananwetan Blitar Jawa Timur (Sejarah, Sosial Ekonomi Dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di Man Kota Blitar). Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2).

Elizabeth, E., & Tulistyantoro, L. (2019). Perancangan Interior Coffee Edu-Tourism Centre Di Kebun Kopi Karanganyar. Intra, 7(2), 537-544.

Setiono, L. H., & Sabana, S. (2016). Discourse Analysis on Historical Artifacts in Candi Panataran, Blitar-East Java. International Journal of Social Science and Humanity, 6(9), 734.

Juwita, R., Firman, Rusdinal, & Aliman, M. (2020). Meta Analisis: Perkembangan Teori Struktural Fungsional dalam Sosiologi Pendidikan. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 3(1),

Kristianto, I. 2019. Kesenian Reyog Ponorogo dalam Teori Fungsionalisme. Jurnal Seni Pertunjukan, 1(2) 70-82.

Maunah, B. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Struktural Fungsional. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 159-178.

Nurhayati. (2019). Candi Bumi Ayu Sebagai Media Pembelajaran Sejarah pada Zaman Hindu Budha. Seminar Nasional Sejarah ke 4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang.

Oguzhan, K. (2015). Teaching local history using social studies models for Turkish middle school students. Educational Research and Reviews, 10(8), 1284-1292.

Juwita, R., Firman, F., Rusdinal, R., & Aliman, M. (2020). Meta Analisis: Perkembangan Teori Struktural Fungsional dalam Sosiologi Pendidikan. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 3(1).

Pautina, A. R. (2018). Aplikasi Teori Gestalt dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 14-28.

Santiko, H. (2012). Candi Panataran : Candi Kerajaan Masa Majapahit. Kalpataru Majalah Arkeologi, 21(1).

Suhada, I. (2017). Konsep Dasar IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syawaluddin, M. (2015). Kontribusi Teori Fungsionalisme Struktural Pasrsons: Pengelolaan Sistem Sosial Marga di Sumatera Selatan. Jurnal Sosiologi Reflektif. 10(1), 175-197.

Uztemur, S., Dinc, E., & Acun, I. (2019). Teaching Social Studies in Historic Places and Museums: An Activity Based Action Research. International Journal of Research in Education and Science, 5(1), 252-271.

Published
2020-11-18
Section
Articles
Abstract Views: 339
PDF Downloads: 324