Pelatihan Online Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis “Best Practice of Learning” Selama Pandemi Covid 19 Bagi Guru IPS

  • Warsono Warsono Universitas Negeri Surabays
  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Wisnu Wisnu Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Jacky Universitas Negeri Surabaya
  • Kusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: artikel ilmiah, pendidikan IPS, Covid-19

Abstract

Pandemi Covid 19 berdampak pada kewajiban bagi masyarakat untuk melaksanakan physical distancing. Dampaknya terhadap dunia pendidikan adalah guru IPS SMP di Surabaya harus melaksanakan pembelajaran secara  online. Berbagai pengalaman guru IPS Surabaya selama mengajar dengan media online tentunya dapat dijadikan “pengalaman praktis” untuk dituangkan dalam bentuk tulisan yang bermuara pada penyusunan artikel ilmiah. Kendala yang dihadapi guru IPS  dalam penulisan artikel ilmiah yakni kurangnya pemahaman mengenai seluk-beluk artikel ilmiah serta kurangnya pengalaman dalam menulis artikel ilmiah, sehingga guru sangat membutuhkan pelatihan penulisan artikel ilmiah. Pelatihan penulisan artikel ilmiah dilaksanakan oleh Tim PKM Pascasarjana  S2 Pendididikan IPS Universitas Negeri Surabaya yang diikuti oleh 25 guru IPS di Surabaya dan ditambah 55 dari guru IPS Jawa Timur yang berminat dalam pelatihan tersebut.  Kegiatan dilaknskan menggunakan platform zoom. Metode pendekatan yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh guru adalah dengan model in service learning 1 (pemberian pelatihan penulisan artikel ilmiah secara online), on the job learning (kegiatan penulisan dan pendampingan/work from home), dan in service learning 2 (guru mempresentasikan hasil penulisan artikel ilmiah secara online). Pemberlakuan pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis best praktis mendapat respon positif oleh guru karena dapat meningkatkan kemampuan  pada taraf sedang dalam menulis artikel ilmiah.

References

Aisyah E.N, Mahanani P. (2017). Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi, 1(1). 22-26

Archambault, J. (2008). The Effect of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques. Action Research Required for the Master of Natural Science Degree with Concentration in Physics; Arizona State University.

Farid, M. (2017). Menulis Artikel Ilmiah: Proses Ide hingga Publikasi. Makalah Seminar Penulisan Artikel Ilmiah, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) NPUST,Pitung: NPUST Campus.

Hidayah R, Maharani D. K., Muchlis. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian Tindakan kelas (PTK) Bagi Guru Kimia SMA di MGMP kimia SMA Kabupaten Kediri. Jurnal Abdi. 5 (2). 107-110.

Ismail (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment. 1(1).1-13

Jatmiko W, Santoso H.B, Pubarani H.C, Syulistyo A.R, Purnomo D.M.J, Firmansyah D, Yusuf M, A’yunina Q, Laili N.A. (2015). Panduan Penulisan Artikel Ilmiah. Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Indoensia.

Muhali, Asy’ari M,, Prayogi S, Samsuri T, Karmana I.W, Sukarma I.K. (2019). Pelatihan Kegiatan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat. 1(1): 28-36

Mujiwati E.S , Permana E.P, Sahari S, Santi N.N. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS. 1 (1). 53 – 68.

Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Usra, M., Hartati, H., & Destriani, D. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Atas. Seminar Nasional Pendidikan 2018.

Widagdo A dan Susilo. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SD di Kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas. 3 (3). 25 – 29.

Published
2020-11-18
Section
Articles
Abstract Views: 358
PDF Downloads: 847