Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi Peninggalan Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia

  • Mufatihatus Suroiya Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  • Sukma Perdana Prasetya
Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Peninggalan kerajaan Hindu-Budha

Abstract

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan 85% peserta didik menyatakan pembelajaran IPS “membosankan”, sedangkan 15% peserta didik lainnya menyatakan “menarik dan menyenangkan”. Sedangkan model pembelajaran yang dilaksanakan 50% para pendidik masih memanfaatkan metode mengajar secara konvensional dan belum sadar akan pentingnya media. Hendaknya seorang pendidik mampu memberikan pengalaman belajar secara langsung atau secara nyata dan realistik terhadap materi IPS tentang peninggalan kerajaan Hindu-Budha di Indonesia. Sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien ketika pendidik mampu memanfatkan media sebagai sumber pengetahuan dalam belajar dan membantu proses komunikasi saat menyampaikan materi. Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan media pembelajaran Augmented Reality pada materi peninggalan kerajaan Hindu-Budha di Indonesia dan mengetahui respon peserta didik SMP Muhammadiyah 5 Surabaya terhadap penggunaan media Augmented Reality pada materi peninggalan kerajaan Hindu-Budha di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model ADDIE. Uji kelayakan media ini berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media pembelajaran dengan menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menyatakan bahwa media Augmented Reality materi peninggalan kerajaan Hindu-Budha memperoleh penilaian skor rata-rata 3,50 oleh ahlo edia pembelajaran dan ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,70. Berdasarkan skala Likert skor rata-rata keduanya termasuk kategori “sangat layak” digunakan dalam pembelajaran. Hasil respon peserta didik pada media Augmented Reality memperoleh skor rata-rata 93,13% dan termasuk dalam kategori “sangat baik”.

References

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Balandin, S., Oliver, I., Boldyrev, S., Smirnov, A., Shilov, N., & Kashevnik, A. (2010). Multimedia services on top of M3 Smart Spaces. Proceedings - 2010 IEEE Region 8 International Conference on Computational Technologies in Electrical and Electronics Engineering, SIBIRCON-2010, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1–6. https://doi.org/10.1155/2016/9502572

Efendi, M. Y., Lutfi, I., Utami, I. W. P., & Jati, S. S. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Augmented Reality Card (Arc) Candi–Candi Masa Singhasari Berbasis Unity3D pada Pokok Materi Peninggalan Kerajaan Singhasari untuk Peserta Didik Kelas X KPR1 SMK Negeri 11 Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p176

Estini, D. G. W. (2015). Aktualisasi Pemikiran Jean Piaget dalam Implementasi Kurikulum 2013. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V Tahun 2015, 2013, 113–117.

Herdian, C. A. (2020). Augmented Reality sebagai Metafora Baru dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer. 1(2), 60–64. https://doi.org/10.31219/osf.io/79fy2

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Mitra Cendikia Press.

Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. ScienceEdu, II(2), 86. https://doi.org/10.19184/se.v2i2.15059

Nur, F., & Masykuri, M. (2019). JPBI ( Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia ) Augmented Reality for teaching science : Students ’ problem solving skill , motivation , and learning outcomes. 5(2), 305–312.

Prasetya, S. P. (2018). Effect of Learning Media Variation to Increase Interest and Learning Outcomes of Geography. 212(Icei), 558–561. https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.122

Ridhoi. (2017). Pendekatan Saintifik Pembelajaran PAI Perspektif Jean Peaget. Al-Ibrah, 2, 162–163.

Rustamana, H. A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran berbasis Penyelidikan (Discovery Learning) untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Abad - 21 Pada Mata Pelajaran Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Cinangka. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(Universitas Sultan Ageng Tirtayasa), 139–153.

Sendry Richard Dahoklory, Yatim Riyanto, S. P. P. (2019). Development of Chemistry Subject Module to Improve Student’s Critical Thinking in SMA Negeri 1 Pulau-Pulau Terselatan Southwest Maluku. International Journal for …, 1(8). https://ojs.unimal.ac.id/index.php/ijevs/article/view/2252

Setyawan, B., Rufii, Nf., & Fatirul, A. N. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Siswa Sd. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90

Sudjana, Nana & Rivai, A. (2019). Media Pengajaran (14th ed.). Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (27th ed.). Alfabeta.

Sukardi, T. (2019). Revitalisasi Pendidikan IPS Di Indonesia (Suwarno (ed.); I). Pustaka Pelajar.

Supardi, S., Widiastuti, A., & Saliman, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Terpadu Berbasis Audiovisual. Jipsindo, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4521

Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem (XVII). Pustaka Pelajar.

Sutarto, S. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331

Tambak, S. (2014). Metode Ceramah: Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2), 375–401.

Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.

Wibowo, K. P., & Marzuki, M. (2015). Penerapan Model Make a Match Berbantuan Media Untuk Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 158–169. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7667

Published
2021-05-26
Section
Articles