Faktor-Faktor Penyebab Tingginya Minat Generasi Post-Millenial Di Indonesia Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik-Tok

  • Sunggiale Vina Mahardhika Universitas Negeri Surabaya
  • Iqlima Nurjannah Universitas Negeri Surabaya
  • Isnaini Ila Ma'una Universitas Negeri Surabaya
  • Zahrotun Islamiyah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Aplikasi, TikTok, faktor, Postmillenial

Abstract

Manusia kian mengalami perkembangan, yang awalnya berasal dari manusia yang hanya memanfaatkan apa yang tersedia di alam, kini telah mampu mengelola apa yang ada di muka bumi ini. Peradaban pun semakin maju didukung oleh perkembangan manusia. Jika dahulu komunikasi dilakukan secara manual, kini telah ditemukan teknologi-teknologi canggih yang membawa komunikasi pada bidang digital. Kecanggihan ini masih berkembang hingga saat ini. Terbukti telah muncul beragam aplikasi-aplikasi sebagai media komunikasi bagi masyarakat, salah satunya adalah aplikasi TikTok. Aplikasi ini ternyata mendapatkan sambutan yang cukup meriah dari masyarakat sehingga banyak yang berminat untuk menggunakannya, terutama generasi Post-Millenial. Penelitian ini akan mencari tahu apa saja yang menjadi faktor penggunaan aplikasi TikTok pada generasi post millenial. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui Google formulir pada 52 responden yang menggunakan aplikasi TikTok. Hasilnya terdapat tiga faktor yang menyebabkan mereka tertarik pada aplikasi ini dan sampai saat ini masih terus bertambah jumlah peminatnya.

References

Andriani, D. (2021, Januari 28). Ini Lima Tips Membuat Video Pendek yang Menarik. Dipetik Mei 06, 2021, dari Bisnis.com: https://lifestyle.bisnis.com/read/20210128/219/1349133/ini-lima-tips-membuat-video-pendek-yang-menarik
Hadi, S. (2000). Statistik. Yogyakarta: ANDI.
Hidayat, Mochamad Wahyu. 2020.Orang Indonesia Kedua Paling Banyak Unduh TikTok per Juli 2020.https://m.liputan6.com/tekno/read/4324103/orang-indonesia-kedua-paling-banyak-unduh-tiktok-per-juli-2020, di akses pada 11 april 2021 pukul 15.00.
Rakhmayanti, I. (2020, Februari 11). Pengguna TikTok di Indonesia Didominasi Generasi Z dan Y. Dipetik April 29, 2021, dari Sindonews.com: https://tekno.sindonews.com/berita/1523692/207/pengguna-tiktok-di-indonesia-didominasi-generasi-z-dan-y
Rossa, V., & Fikri, L. K. (2020, September 17). Ini Alasan Konten TikTok Jadi Viral dan Diterima Banyak Orang. Dipetik Mei 05, 2021, dari Suara.com: https://www.suara.com/lifestyle/2020/09/17/161848/ini-alasan-konten-tiktok-jadi-viral-dan-diterima-banyak-orang
Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Siyoto, S., & Ali, S. M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-12-28
Section
Articles
Abstract Views: 1272
PDF Downloads: 3834