Penerapan Perilaku Bijak Berplastik Sebagai Representasi Pendidikan Lingkungan Berbasis Ecopedagogy

  • Muhammad Diwanul Mujahidin Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Perilaku Bijak Berprlastik, Pendidikan Lingkungan, Ecopedagogy

Abstract

Penelitian kali ini memiliki fokus terhadap penerapan perilaku bijak berplastik yang merupakan sebuah representasi dalam pendidikan lingkungan dan penerapan kaakter cinta lingkungan, isu-isu mengenai ligkungan akhir-akhir ini menjadi marak diperbincangkan oleh civitas akademika, terutama dalam menerapkan perilaku bijak berplastik. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif survei dengan melibatkan 49 mahasiswa yang berasal dari Universitas Negeri Surabaya dan luar Universitas Negeri Surabaya dengan dukungan analisis beberapa literatur review yang relevan dengan topik yang akan dibahas. Teknik pengumpulan data yaitu berupa penyebaran survei melalui google form yang meliputi pertanyaaan terkait aspek pengetahuan tentang sampah dan plastik, sikap mahasiswa terhadap lingkungan dan keterampilan dalam mengelola lingkungan agar bebas plastik, mengenai pendekatan ecopedadogy dalam sebuah pembelajaran tentu menjadi pendekatan yang wajib untuk diterapkan oleh tenaga pendidik dalam membentuk sebuah keterampilan ekoliterasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) dari segi pengetahuan menunjukkan presentase pemahaman dan proses sosialisasi menunjukkan angka 91,8% atau 45 orang mahasiswa memiliki pengetahuan terkait jenis sampah serta karakteristiknya dan 71 mahasiswa atau 71,4% mahasiswa pernah mendapatkan sosialisasi terkait perilaku bijak berplastik, 2) dari segi perilaku dan sikap 77,6 % atau 38 mahasiswa dari total seluruh responden yang memilih jawaban tidak membawa kantong belanja sendiri, dan hanya 11 mahasiswa dari totalkeseluruhan atau 22,4% saja yang menunjukkan perilaku bijak berlastik dengan membawa kantong belanja sendiri, 3) dari segi keterampilan keterampilan mahasiswa dalam mengelola dan mendaur ulang di sekitar lingkungan mereka memiliki presentase 69,4% atau 34 orang mahasiswa melakukan daur ulag terhadap sampah plastik, dan 30,6% atau 15 orang mahasiswa tidak melakukan daur ulang sampah plastik.

References

Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau . Pedagogia , 98-108.
Ahmad Jupri, A. J. (2019). Pengelolaan Limbah Sampah Plastik Dengan Menggunakan Metode Ecobrick Di Desa Pesanggrahan. Prosiding PEPADU, 341-347.
Al-Anwari, A. M. (2019). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta'dib, 227-252.
Azkiah, H. (2021). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan (Ecopedagogy) Di Madrasah Ibtidaiyah. BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains, 387-397.
Hairil Akbar, S. &. (2021). Aspek Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Desa Muntoi . Jurnal Promotif Preventif, 22-27.
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 59-68.
Kariadi, D. (2019). Penggunaan Awik-Awik Sebagai Model "Ecopedagogy" Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 37-46.
Keraf, A. S. (2014). Filsafat Lingkungan Hidup: Alam sebagai Sebuah Sistem Kehidupan Bersama F ricjof Capra. Yogyakarta: Kanisius.
Manik, D. (2020). Pendidikan Berbasis Ecopedagogic dalam Pembelajaran Ilmu Sosial di Sekolah Menengah Pertama. Atlantis Press: Kemajuan dalam Penelitian Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora, 48-52.
Misiaszek, G. W. (2019). Ecopedagogy: teaching critical literacies of development, sustainability, and sustainable development. Routledge: Teaching and Higer Education, 1-18.
Na’imah, S. Z. (2020). Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pebentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School . Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1-9.
Purwaningrum, P. (2016). Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik di Lingkungan. JTL: Jurnal Jurusan Teknik Lingkungan , 141-147.
Rukminingsih. (2020). Metode Penelitian Pendidikan; Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriatna, N. (2017). Ecopedagogy: Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surata, S. P. (2015). Ekopedagogi. Denpasar: Unmas Press.
Suwartono. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi .
Yasida, K. S. (2020). Eco-Pedadogy. Historika , 70-79.
Yunansah, H. (2017). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar . EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 27-34.
Published
2022-10-03
Section
Articles
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 101