Respon Guru Terhadap Penggunaan Media Tiga Dimensi Bentuk Muka Bumi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Authors

  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Riyadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/sosearch.v2n2.p63-70

Keywords:

Media Tiga Dimensi, Bentuk Muka Bumi, IPS

Abstract

Media tiga dimensi (3D) bentuk muka bumi sangat berpotensi untuk mengenalkan fenomena yang dapat dikaji dalam pembelajaran IPS. Akan tetapi, guru masih belum melakukan pemanfaatan media 3D dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk  mengungkap bagaimana perspektif guru IPS terhadap penggunaan media 3D, dan kesulitan apa yang mereka rasakan jika pembelajaran media 3D  itu diterapkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket melalui kegiatan  Focus Group Discussion (FGD) yang dihadairi 20 guru MGMP IPS. Kegiatan FGD  dilaksanakan untuk memperoleh tanggapan secara langsung dengan mendemonstrasikan media pembelajaran 3D pada materi keragaman bentuk muka bumi kelas VII jenjang pendidikan SMP. Hasil penelitian menunjukkan respon  dari guru IPS  mengungkapkan hampir tidak pernah menggunakan media 3D dalam pembelajaran IPS. Faktor yang menjadi kendala utama jika menggunakan media 3D pada aspek pengadaanya yang sulit didapatkan. Namun dengan dikembangkannya media 3D dinilai sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran IPS pada materi keragaman bentuk muka bumi. Mereka juga menganggap media 3D sangat membantu belajar siswa secara umum dan khususnya bagi siswa tuna netra karena  dapat  belajar dengan cara indera merasakan, menyentuh, meraba secara langsung media 3D.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-21

Issue

Section

Articles
Abstract views: 358 , PDF Downloads: 173