Respon Guru Terhadap Penggunaan Media Tiga Dimensi Bentuk Muka Bumi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Riyadi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Media Tiga Dimensi, Bentuk Muka Bumi, IPS

Abstract

Media tiga dimensi (3D) bentuk muka bumi sangat berpotensi untuk mengenalkan fenomena yang dapat dikaji dalam pembelajaran IPS. Akan tetapi, guru masih belum melakukan pemanfaatan media 3D dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk  mengungkap bagaimana perspektif guru IPS terhadap penggunaan media 3D, dan kesulitan apa yang mereka rasakan jika pembelajaran media 3D  itu diterapkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket melalui kegiatan  Focus Group Discussion (FGD) yang dihadairi 20 guru MGMP IPS. Kegiatan FGD  dilaksanakan untuk memperoleh tanggapan secara langsung dengan mendemonstrasikan media pembelajaran 3D pada materi keragaman bentuk muka bumi kelas VII jenjang pendidikan SMP. Hasil penelitian menunjukkan respon  dari guru IPS  mengungkapkan hampir tidak pernah menggunakan media 3D dalam pembelajaran IPS. Faktor yang menjadi kendala utama jika menggunakan media 3D pada aspek pengadaanya yang sulit didapatkan. Namun dengan dikembangkannya media 3D dinilai sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran IPS pada materi keragaman bentuk muka bumi. Mereka juga menganggap media 3D sangat membantu belajar siswa secara umum dan khususnya bagi siswa tuna netra karena  dapat  belajar dengan cara indera merasakan, menyentuh, meraba secara langsung media 3D.

References

Hidayati, N., & Wuryandari, A. I. (2012). Media Design for Learning Indonesian in Junior High School Level. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 67, 490–499. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2012.11.354

McCall, Stephen. Mason, H. (1997). Visual Impairment: Access to Education for Children and Young People. In David Fulton Publishers.

Natarajan, L. (2017). Socio-spatial learning: A case study of community knowledge in participatory spatial planning. Progress in Planning. https://doi.org/10.1016/j.progress.2015.06.002

Nursid Sumaatmadja. (2006). Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). In Alumni.

Phosuwan, A., Sopeerak, S., & Voraroon, S. (2013). Factors Related the Utilization of Instructional Media and Innovation of Nursing Instructors at Boromarajonani College of Nursing, Suphanburi, Thailand. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.354

Prasetya, S. P., Daryono, & Budiyanto, E. (2018). Media development effectiveness of geography 3d muckups. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012172

Prasetya, Sukma Perdana. (2018). Effect of Learning Media Variation to Increase Interest and Learning Outcomes of Geography. 212(Icei), 558–561. https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.122

Sadiman, A. S. (2014). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. PT. Raja Grafindo Persada.

Saputra, W., & Purnama, B. E. (2012). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(2), 60–67.

Shobikhah, K. (2018). The Effect of Paikem Learning Model within Direct Instruction and Cooperative Learning Setting towards 9th Graders Learning Mastery. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.42

Singhato, A., Banjong, O., & Charoonruk, G. (2017). Effectiveness and acceptance of the developed educational media on the application of a Thai ethnic snack, Thong Pub, with calcium fortification. Journal of Ethnic Foods, 4(1), 58–63. https://doi.org/10.1016/j.jef.2017.02.007

Sitompul, D. R. P., & Sihombing, P. (2016). A teaching media of using the busy bit and SDCC in displaying character string on LCD in MCU 8051 IDE. Alexandria Engineering Journal, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.aej.2017.01.037

Sun, P.-C., & Cheng, H. K. (2007). The design of instructional multimedia in e-Learning: A Media Richness Theory-based approach. Computers & Education, 49(3), 662–676. https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2005.11.016

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Vebrianto, R., & Osman, K. (2011). The effect of multiple media instruction in improving students’ science process skill and achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 346–350. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2011.03.099

Published
2022-09-21
Section
Articles
Abstract Views: 301
PDF Downloads: 141