Pemahaman Guru IPS Terhadap Konsep Keruangan Pada Kompetensi Dasar Mata Pelajaran IPS

  • Muhammad Ilyas Marzuqi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kata Kunci: konsep keruangan, kompetensi dasar, pembelajaran ips

Abstract

Konsep keruangan merupakan bingkai dari pembelajaran IPS yang didesain melalui kompetensi dasar yang telah disusun dalam kurikulum pembelajaran IPS pada jenjang SMP. Melalui konsep keruangan ini diharapkan pembelajaran IPS di SMP dapat terintegrasi antara tema atau topik materi ilmu sosial yang ada dalam pembelajaran IPS melalui pendekatan interdisipliner. Penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman guru IPS dalam mengintegrasikan konsep keruangan melalui strategi pembelajaran baik melalui model maupun media pembelajaran dalam pembelajaran IPS di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui pengisian angket terbuka kepada guru-guru IPS SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru-guru IPS sudah memahami pengetian konsep keruangan, walaupun pengetian tersebut belum benar-benar utuh. Hanya pada materi bertema geografi saja mereka dapat menerapkan pembelajaran melalui pendekatan keruangan tersebut dengan baik, kemudian untuk materi tema sosiologi terbilang cukup, sedangkan untuk topik sejarah, dan ekonomi mereka belum mampu memahami bagaimana menjadikan konsep keruangan sebagai pendekatan dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah banyak digunakan untuk menjelasakan konsep keruangan, sedangkan media peta menjadi media andalan utama untuk menerjemahkan konsep tersebut.

References

Ali, M. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Yogyakarta: LkiS
Gardner, H. (2011). Frames of Minds: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books
Hagget, Peter.(1984). Geography: A Modern Synthesis. New York: Harper and Row
Imron, A. (2015). Profil Guru IPS SMP di Jawa Timur. Laporan Penelitian. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Jannah, M. Junaidi, J. (2020). Faktor Penghambat Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran VOL. 1 NO. 3 MARET 2020. Hlm 191-198.
Kolb, S. (2012). Grounded theory and the constant comparison method: Valid research strategies for educators. Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies, 3(1), 83-86.
Lestari, S. Dkk . (2015). Analisis Kemampuan Keruangan Dan Self Efficacy Peserta Didik Dalam Model Pembelajaran Treffinger Berbasis Budaya Demak. UJMER 4 (2) (2015) hlm 108 – 114.
Maryani, E. Syamsudin, H. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian Vol 9 No 1
Marzuqi, M. I. (2019). The Effect of Problem-Based Learning Models Through Map Media on Spatial Intelligence and Problem Solving Skills. The Indonesian Journal of Social Studies, 2(2), 77–86.
Mustofa, M. Handini, O. (2018). OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA PETA PADA PEMBELAJARAN IPS SD UNTUK PENINGKATAN KECERDASAN SPASIAL SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PUCANGAN KARTASURA. Jurnal RESEARCH FAIR UNISRI Vol. 2 No. 1.
Patton, M. (2002). Qualitative research and evaluation methods (3rd ed.). Sage.
Pramono, S.E. (2012). Perbaikan Kesalahan Konsep Pembelajaran Sejarah Melalui Metode Pemecahan Masalah Dan Diskusi. Pramita Vol 22 No. 2 Juli 2012 [ISSN:0854-0039] Hlm. 238-248.
Segara, N.B. (2012). Kontribusi Pemahaman Konsep Geografi Terhadap Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik Sma Di Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 12, Nomor 2, Oktober 2012, halaman 61-70
Segara, N.B. (2016). Pentingnya Pemahaman Jati Diri Keilmuan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 4, No 1 hlm 50-59.
Sulaiman, S. (2012). Pendekatan Konsep Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah Lontar Vol.9 No.1, 9-21.
Sumaatmadja, N. (1981). studi geografi suatu pendekatan dan analisa keruangan. Bandung: Alumni
Sumiati. (2018). Modal Sosial pada Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial vol 27, no 2 hlm 179-184.
Published
2022-09-21
Section
Articles
Abstract Views: 339
PDF Downloads: 623