Peran Guru IPS Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja

  • Eldi Mulyana Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Luffi Nurhafifiyanti Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Ade Suherman Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Triani Widyanti Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Tetep Tetep Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Alni Dahlena Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Asep Supriyatna Institut Pendidikan Indonesia Garut
Keywords: Keywords: Teacher's Role, Juvenile Delinquency, VIII Grade Students.

Abstract

Remaja adalah peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa. Pada usia remaja seorang anak mengalami berbagai bentuk perubahan baik emosi, tubuh, minat dan pola pikir. Munculnya berbagai kasus kenakalan pada remaja, perlu adanya tindakan yang serius karena remaja merupakan asset bagi negara. Sekolah merupakan tempat bagi siswa mendapatkan pendidikan sekaligus bimbingan, maka disinilah guru berperan penting dalam pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru IPS dalam mengatasi kenakalan remaja pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Karangpawitan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut 1). Bentuk-bentuk kenakalan remaja, terdiri dari kenakalan biasa, Kenakalan mengarah pada pelanggaran Dan Kenakalan khusus seperti: tindakan asulia seperti menyenggol area sensitive wanita. 2) Peran guru IPS dalam mengatasi kenakalan remaja, terdapat tindakan preventif, Tindakan represif Dan Tindakan Kuratif seperti: melakukan kerjasama dengan pihak sekolah dan orangtua/wali siswa, dan melakukan homevisit kerumah siswa yang bermasalah. 3) Hambatan-hambatan guru dalam mengatasi kenakalan remaja dapat dipengaruhi oleh faktor internal dimana siswa kurang mengontrol emosi dan faktor eksternal dipengaruhi lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar. 4) dampak peran guru IPS dalam mengatasi kenakalan remaja siswa, dimana siswa menjadi aktif dan percaya diri dan siswa dapat mengurangi kenakalannya.

Kata Kunci: Peran Guru, Kenakalan Remaja, Siswa kelas VIII.

References

Alviani, F. (2016, Mei). Strategi Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di SMPN 2 Sumbergempol Tahun 2015/2016. IAIN Tulung Agung.
Ahmad, N.Q. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Kenakalan Remaja Pada Masa Pubertas. Jurnal As-Salam, Vol. 3 No. 2 Mei - Agustus 2019.
Adrianto. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Kenakalan Remaja di Lebak Mulyo Kecamatan Kemuning Kota Palembang. Palembang: Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Raden Fatah
Anggaraini, R. (2010). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa-Sisi SMAN 1 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu. UIN SUSKA Riau.
Ariani Nursyam, M. Ridwan Said Ahmad. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMAS Muhammadiyah Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM
Ernawati. (2021). Increasing Students Engagement In EFL Classroom Throught Teachers Questioning Strategies. IPI GARUT.
Fitri, M. S. (2020). Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja (Studi Kasus di MA Nurul Mujtahidin Mlarak Tahun Pelajaran 2019/2020). IAN Ponorogo.
Hartanty, D. (2013). Pengertian Kenakalan Remaja . Universitas Medan Area, 9-49.
Hermawan, A. B. (2020). Metode Guru Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Di MTs Imam Al Ghozali Tulungagung. IAIN TULUNGAGUNG.
Huda, N. (2016). Tinjauan Pustaka: Remaja. Universitas Medan Area.
Idris, M. (2013). Akibat-Akibat Kenakalan Remaja. UIN MAULANA MALIK IBRAHIM, 11-48.
Iskandar, N. (2021). Factors Encouraging Students To Speak up in Learning Classroom. IPI GARUT.
Maturidi, M. (2017). Pengertian Peranan. UIN Raden Intan Lampung, 26-96.
Ningrum, T. R., & Suniti. (2017, Desember). Peran Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Membangun Karakter Demokratis Peserta Didik Kelas Ix Di Smp Negeri 1 Gempol Kabupaten Cirebon. Jurnal Edueksos, VI No 2, 149-164.
Norman. (2020). Upaya Guru Dalam Menanamkan Konsep Diri Pada Pembelajaran IPS di SDN Gonjak Kecamatan Praya Kabupatn Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. UIN Mataram.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.
Nuqul, F. L. (n.d.). Teori Peran (Role Theory). 90-101.
Putri, G. R. (2016). Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Gugus Gatotkaca Kecamatan Semarang Barat. UNNES Semarang.
Rahayu, R. (2015). Kenakalan Remaja. UIN MAULANA MALIK IBRAHIM, 21-87.
Sari, F. N., & Rizkinawati, S. (2017). Masa Pubertas Dapat Mempengaruhi Perkembangan Fisik Serta Karakter Pada Remaja.
Sumara, D. & dkk. (2017). Kanakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian & PPM ISSN: 2442-448X Vol 4, No: 2 Hal: 129 - 389 Juli 2017
Surahman, E., & Mukminan. (2017, Maret). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial Jurnal Pendidikan IPS, Volume 4, No 1, 1-13.
Tuasikal, J. M. (2022, oktober Sabtu). Kenakalan Remaja.
Yahya, U. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Keluarga Broken Home Di MTS Darul Falah Tulungagung. IAIN TULUNGAGUNG.
Published
2023-04-17
Section
Articles
Abstract Views: 223
PDF Downloads: 174