Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Media Live Worksheet Terhadap Hasil Belajar IPS

-

  • Rindyani Dwi Hastuti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Jakiatin Nisa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Tri Harjawati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Keywords: LKPD, Live Worksheet, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis live worksheet terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Depok tahun ajaran 2022/2023. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dan VIII D yang dipilih dengan teknik purposive sampling dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lain sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes pilihan ganda yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan 20 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji N-gain dan uji Paired Sample T-Test. Pada uji N-gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa setelah menggunakan LKPD berbasis live worksheet. Hasil uji N-gain kelas eksperimen sebesar 57% yang termasuk dalam kategori cukup efektif sedangkan pada kelas kontrol sebesar 49,7% dan termasuk kategori kurang efektif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis live worksheet berpengaruh terhadap hasil belajarr peserta didik.

Author Biographies

Rindyani Dwi Hastuti, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPS

Tri Harjawati, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPS

References

Amalia, I. N. F., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2022) Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 8156.
Erizaldi Putra. (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Pada Materi Sistem Koloid Di MAN 5 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. h.3.
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, N. S., (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 2.
Muthiharoh, M., Kirna, I. M., & Indrawati, G. A.(2017) Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesi, 1(1), 21-22.
Purwanto. (2020). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rosda Karya.
Setyosari, P. (2013) Metode Penelitian Dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sudaryono. (2018) Metodologi Penelitian. Depok: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Warsita, B. (2011). Pendidikan Jarak Jauh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahu 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Usmadi. Pengujian Persyaratan Analisis.(2020) Uji Homogenitas dan Uji Normalitas.
Widana, I W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Lumajang: Klik Media.


http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pembelajaran-jarak-jauh-pjj-bisa-jadi- model-pendidikan-masa-depan
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201022123707-20 561482/kemendikbud-12-ribu-sekolah-tak-punya-akses-internet
https://www.merdeka.com/trending/kronologi-munculnya-covid-19-di-indonesia- hingga-terbit-keppres-darurat-kesehatan-kln.html
Published
2023-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 265
PDF Downloads: 197