Relevansi Nilai – Nilai Kearifan Lokal Pada Batik Gedog Untuk Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan IPS di Kabupaten Tuban

Keywords: Nilai Kearifan lokal, Profil Pelajar Pancasila, Batik Gedog Tuban, Pendidikan IPS

Abstract

Profil pelajar Pancasila sebagai tujuan pendidikan karakter dalam Pendidikan IPS melalui nilai – nilai kearifan lokal budaya yang tumbuh di lingkungan masyarakat. Batik gedog Tuban merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Tuban yang memiliki nilai kearifan lokal didalamnya dan diakui keberadaannya oleh masyarakat sekitar. Namun seiring berjalannya waktu rasa bangga dan peduli terhadap kelestarian budaya batik gedog Tuban dirasa kurang tertanam pada generasi muda sehingga nilai kearifan lokal batik gedog Tuban diharapkan dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran IPS yang akan memuat wawasan lokal dan identitas budaya mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaitkan nilai – nilai kearifan lokal yang terkandung pada batik gedog Kabupaten Tuban guna menumbuhkan profil pelajar pancasila dalam pendidikan IPS di Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai – nilai kearifan lokal alam batik tenun gedog diantaranya hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, dan siklus kehidupan. Ketiga nilai kearifan lokal tersebut memiliki relevansi dengan elemen profil pelajar Pancasila yang kemudian dapat diimplementasikan dalam pendidikan IPS sehingga mampu meningkatkan rasa peduli dan cinta masyarakat lebih khusus peserta didik pada kebudayaannya.

Published
2023-04-17
Section
Articles
Abstract Views: 222
PDF Downloads: 351