Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA N 15 Padang

  • Siti Florensia Medeti Universitas Negeri Padang
  • Yurni Suasti Universitas Negeri Padang
Keywords: Model, Project Based Learning, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model project based learning terhadap hasil belajar geografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Peneliti memilih kelas X E2 dengan menerapkan model project based learning dan X E4 menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data menggunakan soal objektif dan dokumentasi. Kemudian, untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model project based learning peneliti menggunakan uji-t. hasil yang diperoleh yaitu rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 76,95 dan rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 87,33 sedangkan hasil N Gain kelas kontrol yaitu 35,92% dan kelas eksperimen yaitu 62,86%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Author Biographies

Siti Florensia Medeti, Universitas Negeri Padang

Program Studi Pendidikan Geografi 

Yurni Suasti, Universitas Negeri Padang

Program Studi Pendidikan Geografi FIS

References

Aksa, F. I. (2019). Geografi dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Majala Geografi Indonesia, 33(1), 43
Fadli, Failasuf. (2019). Penerapan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di MTS Al-Amin Pekalongan. Jurnal kajian teknologi pendidikan volume 4, No 1.
Lindawati, dkk. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa MAN I Kebumen. Jurnal Radiasi, Vol. 3, No. 1, hal. 42-45
Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2016 Halaman: 468—474. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6174
Itaristanti, I. (2016). Portofolio Sebagai Salah Satu Model Penilaian Otentik di SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 212. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.904
Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas VIII Di SMP Laboratorium Percontohan Upi Bandung). EDUTCEHNOLOGIA 3 (2).
Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140
Novio,R., Mariya.S. (2021). Pendekatan saintifik dengan Sintak Model Pembelajaran berbasis penemuan (Discovery Learning) pada mata pelajaran Geografi. Jurnal Geografi, 6(1),100-100
Prastiyono, H., & Trisliatanto, D. A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flipped Learning Pada Materi Sistem Informasi Geografis Untuk Pendidikan Sekolah Menengah Atas. JOURNAL OF RESIDU, 1(2), 114–123.
Prastiyono, H., Utaya, S., Sumarmi, S., Astina, I. K., Amin, S., & Aliman, M. (2021). Development of E-Learning, Mobile Apps, Character Building, and Outdoor Study (EMCO Learning Model) to Improve Geography Outcomes in the 21st Century. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 15(07), 107. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i07.21553
Purwanto, A. (2016). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Examples Non Examples Di Kelas Viih SMP 5 Kudus Semester II Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Jurnal Profesi Keguruan, 2(1), 36-61
Risnani, R., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2017). Implementation of Project-Based Learning (PjBL) through One Man One Tree to Improve Students’ Attitude and Behavior to Support. International Education Studies, 10(3), 134. https://doi.org/10.5539/ies.v10n3p134
Sani, A., R. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara
Syam, A. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao. Universitas Islam Negeri Alauddin
Trilling, B., Fadel, C. (2009). 21st century skill : Learning for life in our times. San Francisco: Wiley
Utomo, D. H., & Ruja, I. N. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. 5.
Wagner, T. 2010. Overcoming The Global Achievement Gap (online). Cambridge, Mass., Harvard University
Published
2023-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 183