Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA N 15 Padang
DOI:
https://doi.org/10.26740/sosearch.v3n2.p60-65Keywords:
Model, Project Based Learning, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model project based learning terhadap hasil belajar geografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Peneliti memilih kelas X E2 dengan menerapkan model project based learning dan X E4 menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data menggunakan soal objektif dan dokumentasi. Kemudian, untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model project based learning peneliti menggunakan uji-t. hasil yang diperoleh yaitu rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 76,95 dan rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 87,33 sedangkan hasil N Gain kelas kontrol yaitu 35,92% dan kelas eksperimen yaitu 62,86%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads

