Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Klasifikasi Awan Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning

  • Ajeng Putu Habsah Universitas Siliwangi
  • Ruli As’ari Universitas Siliwangi
  • Mega Prani Ningsih Universitas Siliwangi
  • Fahmi Fahrudin Fadirubun Universitas Negeri Surabaya https://orcid.org/0000-0002-7764-0749
Keywords: Pengaruh, Hasil Belajar, Discovery Learning

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas manusia sebagai sumber daya dalam pembagunan dengan melakukan kegiatan belajar, sehingga perlu dilakukan proses pembelajaran yang baik dan aktf dengan interaksi timbal balik antara pendidik dengan peserta didik. Model discovery learning merupakan kegiatan pembelajaran yang diharapkan peserta didik tidak hanya disajikan dengan materi saja, tetapi peserta didik dapat mencari atau menemukan sendiri dengan pemecahan masalah menjadi sebuah bentuk akhir. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Budaya Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pra-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Kawali. Pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling atau sampel secara pengacakan kelas dengan asumsi populasi homogen yang akan ditentukan satu kelas dengan mengambil dua kelas penelitian yaitu X IPS 1 dan X IPS 2 masing-masing sebanyak 30 orang. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif melalui penyajian data berupa mean (rata-rata) dan standar deviasi, dan analisis inferensial yaitu teknik presentase, rata-rata dan standar deviasi, yang selanjutnya akan diuji hipotesis dengan menggunakan uji t-test dengan rumus. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar geografi pada materi klasifikasi awan sangat baik dan berpengaruh positif.

Author Biography

Fahmi Fahrudin Fadirubun, Universitas Negeri Surabaya

Departemen Geografi, Prodi Pendidikan Geografi

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model & Metode Pembelajaran Di Sekolah. UNISSULA PRESS.
Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229–244. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257
Astanti, A. Y. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri Se-Kabupaten Sragen Tahun 2017. 1–65. https://doi.org/10.35580/lga.v17i1.7344
Astuti, F. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Maros.
Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. 64 | JURNAL IKA, 7(2), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478
Novita, F., & Jumiarni, D. D. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 86–93.
Nuraini. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Potensi Sumber Daya Alam Dan Kemaritiman Indonesia Siswa Kelas VII SMP Darussa’adah Putri. Jurnal Sosial Humaniora, 2(1), 31–41.
Nurlinah, Leo, M. N. Z., & Badwi, N. (2017). The Effectively Of PAILKEM Learning Strategy In Outdoor Study Method For The Geography Learning Achievement Of The Students In Class XI IPS SMA Negeri 1 Tanete Rilau Barru. UNM Geographic Journal, I(1), 1–7. https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Prasetya, S. P. (2021). Penerapan Strategi Experiential learning Berbasis Model Rotasi. SOSEARCH: Social Science Educational Research, 1(2), 77–84. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sosearch/index
Prasetya, S. P., Imron, A., & Riyadi. (2022). Respon Guru Terhadap Penggunaan Media Tiga Dimensi Bentuk Muka Bumi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. SOSEARCH: Social Science Educational Research, 2(2), 63–70.
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Riduwan. (2018). Dasar-dasar Statistik. Alfabeta.
Rosmiati, Hikmawati, & Harjono, A. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 29–34. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.100
S, M., & Bare, Y. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Model Discovery Learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 84–89. https://doi.org/10.29405/j.bes/3284-893298
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Alfabeta.
Published
2023-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 141
PDF Downloads: 98