Analisis Potensi Ekosistem Mangrove Center Tuban Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Lingkungan Bahari Dalam Pembelajaran IPS

Authors

  • Bimantoro Arif Wicaksono Universitas Negeri Surabaya
  • Kusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Prastiyono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/sosearch.v3n2.p66-80

Keywords:

ekosistem mangrove, pendidikan lingkungan hidup, sumber belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi yang ada di ekosistem Mangrove Center Tuban kemudian dimanfaatkan sebagai sumber belajar pendidikan lingkungan bahari dalam pembelajaran IPS. Seiring dengan melimpahnya manfaat yang terkandung dalam mangrove, dengan tujuan khusus sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik terkait pentingnya melestarikan alam dan peduli terhadap lingkungan mangrove. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi untuk menilai keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kajian IPS (Sejarah, Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi) banyak ditemukan potensi yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS di Mangrove Center Tuban. Luaran dalam penelitian sebagai rekomendasi sumber belajar berupa RPP/Modul Ajar dan E-LKPD berbantu live worksheet.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 506 , PDF Downloads: 713