Analisis Potensi Ekosistem Mangrove Center Tuban Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Lingkungan Bahari Dalam Pembelajaran IPS

  • Bimantoro Arif Wicaksono Universitas Negeri Surabaya
  • Kusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Prastiyono Universitas Negeri Surabaya
Keywords: ekosistem mangrove, pendidikan lingkungan hidup, sumber belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi yang ada di ekosistem Mangrove Center Tuban kemudian dimanfaatkan sebagai sumber belajar pendidikan lingkungan bahari dalam pembelajaran IPS. Seiring dengan melimpahnya manfaat yang terkandung dalam mangrove, dengan tujuan khusus sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik terkait pentingnya melestarikan alam dan peduli terhadap lingkungan mangrove. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi untuk menilai keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kajian IPS (Sejarah, Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi) banyak ditemukan potensi yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS di Mangrove Center Tuban. Luaran dalam penelitian sebagai rekomendasi sumber belajar berupa RPP/Modul Ajar dan E-LKPD berbantu live worksheet.

References

Anggiyanti , E. (2021). Potensi hutan mangrove pantai pasir kadilangu sebagai sumber belajar IPS SMP. SOCIAL STUDIES, 1-13.
Cahyadi , A. (2019). Pengembangan media dan sumber belajar: teori dan prosedur. Serang Baru: Laksita Indonesia.
Daryanto, & Suprihatin , A. (2013). Pengantar pendidikan lingkungan hidup. Yogyakarta: Gava Media.
Diki, Utami , S., Hewindati , Y. T., & Herlinawati , E. (2019). Peran matematika, sains, dan teknologi dalam kebencanaan. In S. K. Handayani , & Y. T. Hewindati , Peran hutan mangrove dalam mitigasi kebencanaan di wilayah pesisir (pp. 45-67). Pondok Cabe: Universitas Terbuka.
Endayani , H. (2018). Sejarah dan konsep pendidikan IPS. ITTIHAD, II(2) , 117-127.
Istiadi , Y. (2018). Pendidikan lingkungan hidup terlupakan dalam kurikulum. Retrieved Desember 18, 2022, from https://www.unpak.ac.id/pdf/PENDIDIKAN_LINGKUNGAN_HIDUP_TERLUPAKAN_DALAM_KURIKULUM.pdf
Joesidawati , & Suntoyo . (2016). Shoreline change in tuban distric, east java using geospatial and digital shoreline analysis system (DSAS) technques. International Journal of Oceans and Oceanography, 10(2), 235-246.
Kahar , A. P. (2018 ). Penerapan bahan ajar ekosistem mangrove berbasis potensi lokal untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi , 1-8.
Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan RI. (2021, Maret 05). Retrieved from Kick OfF Penanaman Mangrove Tahun 2021: https://www.menlhk.go.id/site/single_post/3653/kick-off-penanaman-mangrove-tahun-2021
Masgumelar , N. K., & Mustafa , P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal , 49-57.
Munisah , Estiastuti , A., Bektiningsih , K., & Nurharini , A. (2018). Pendidikan lingkungan melalui pembelajaran IPS dengan pendekatan project based learning dalam menciptakan sekolah hijau. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 64-74.
Permatasari, N. I., & Umilia, E. (2021). Pengembangan wisata bahari mangrove di kota Surabaya berdasarkan tingkat keberlanjutan. Jurnal Teknik ITS, 9(2), D112-D117.
Prasetyo , K., & S, H. M. (2018). Pendidikan lingkungan indonesia . Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Prasetya, S. P., Segara, N. B., & Imron, A. (2020). Effectiveness Of Outdoor Learning Optimization Program In Learning Social Studies. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 314. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.19160
Prastiyono, H., & Trisliatanto, D. A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flipped Learning Pada Materi Sistem Informasi Geografis Untuk Pendidikan Sekolah Menengah Atas. JOURNAL OF RESIDU, 1(2), 114–123.
Prastiyono, H., Utaya, S., Sumarmi, S., Astina, I. K., Amin, S., & Aliman, M. (2021). Development of E-Learning, Mobile Apps, Character Building, and Outdoor Study (EMCO Learning Model) to Improve Geography Outcomes in the 21st Century. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 15(07), 107. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i07.21553
Prihadi, D. J., Riyantini, I., & Ismail, M. R. (2018). Pengelolaan kondisi ekosistem mangrove dan daya dukung lingkungan kawasan wisata bahari mangrove di Karangsong Indramayu. Jurnal kelautan Nasional, 13(1), 53-64.
Rahim , S., & Baderan , D. W. (2017). Hutan mangrove dan pemanfaatannya. Yogyakarta : CV. Budi Utama .
Segara, N. B. (2015). Education For Sustainable Development (Esd) Sebuah Upaya Mewujudkan Kelestarian Lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1349
Sofnidar, Kamid , & Anwar, K. (2017 ). Desain sintak model outdoor learning berbasis modelling mathematics. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika , 1-10 .
Surayya , Q., Sodikin , & Windarti , A. (2017 ). Analisis presepsi siswa terhadap fungsi hutan mangrove karangsong sebagai sumber belajar geografi . SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal , 65-73.
Sutirto, & Trisnoyuwono, D. (2014). Gelombang dan arus laut lepas . Yogyakarta : Graha Ilmu.
Syaharuddin, & Mutiani . (2020). Strategi pembelajaran IPS: konsep dan aplikasi . Banjarmasin: Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.
Tambunan , M. I. (2018 ). Pengaruh lingkungan tempat tinggal terhadap pengetahuan siswa tentang ekosistem hutan mangrove di kabupaten deliserdang . Jurnal Biolokus , 1-11.
Widiastuti , E. H. (2017). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran mata pelajaran IPS. Satya Widya, 29-36.
Yulianto , S., Apriyadi , R. K., Apriliyanto, Winugroho , T., Ponangsera , I. S., & Wilopo. (2021). Histori bencana dan penanggulangannya di Indonesia ditinjau dari perspektif keamanan nasional. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 180-187.
Published
2023-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 231
PDF Downloads: 299