Efektivitas Pemanfaatan Media Diagram Berlabel Pada Materi Mitigasi Bencana Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa IPS

Authors

  • Ane Hainunnisa Universitas Siliwangi
  • Pipit Rahayu Universitas Negeri Siliwangi, Indonesia
  • Moch Rizki Aldiansah Universitas Negeri Siliwangi, Indonesia
  • Mega Prani Ningsih Universitas Negeri Siliwangi, Indonesia

Keywords:

Media, Diagram Berlabel, Pemanfaatan, Minat Belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pemanfaatan media pembelajaran diagram berlabel yang digunakan dalam materi mitigasi kebencanaan dalam meningkatkan hasil dan minat belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Cihaurbeuti. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriftif dengan menggunakan kuisioner sebagai data survei, penelitian ini dilaksanakan menggunakan cara pengumpulan data dari responden yaitu siswa kelas XI IPS SMAN 1 Cihaurbeuti. Data tersebut dikumpulkan dengan isi mencakup informasi mengenai jenis media pembelajaran yang digunakan, frekuensi kesenangan siswa dalam penggunaan media diagram berlabel yang diajarkan, pengalaman siswa sebelum menggunakan media diagram belabel, serta hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media tersebut. Hasil dari penelitian dan analisis data dapat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis media pembelajaran sebelum dan setelah digunakan serta memberikan rekomendasi yang tepat bagi penggunaan media pembelajaran yaitu guru  mata pelajaran geografi mengenai media pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 43