Social Expressiveness Abilities dalam Keterampilan Sosial: Budaya Podcast sebagai Media Klarifikasi Publik Figur

(Studi Kasus Podcast Denny Sumargo)

  • Mia Desiany Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nova Nafisah Zulfa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mina Holilah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dina Siti Logayah Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Ekspresi Sosial, Keterampilan Sosial, Podcast, Publik Figur

Abstract

Tujuan penelitian ini menggali keterampilan sosial dalam menerima dan menyampaikan informasi melalui media masa, salah satunya dalam bentuk Podcast. Podcast sebagai media pers bebas memberikan kesempatan para penggunanya untuk mengungkapkan ide, gagasan serta cerita tanpa batasan waktu. Penggunaan podcast mulai bergeser menjadi media klarifikasi, umumnya publik figur yang banyak memanfaatkan media podcast ini. Pendekatan yang digunakan kualitatif dengan metode studi kasus terhadap podcast Denny Sumargo. Teknik pengumpulan data melalui tahap observasi serta wawancara. Wawancara dilakukan bersama 2 narasumber terpilih dan sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Analisis data mendeskripsikan dari hasil wawancara dan pengamatan video podcast Denny Sumargo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa podcast yang berisi mengenai permasalahan pribadi banyak diminati oleh netizen. Selain itu, podcast Denny Sumargo menjadi salah satu podcast paling dituju untuk mencari kebenaran informasi. Ekspresi sosial yang ditunjukan oleh publik figur sebagai narasumber di suatu podcast, sangatlah mempengaruhi penilaian netizen terhadap individu berdasarkan popularitasnya. Selain itu, keberadaan podcast dinilai dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi pihak yang bersangkutan. Alasan podcast tersebut mendapat banyak viewers karena podcast tersebut menyajikan isu-isu kontekstual yang sedang ramai di masyarakat. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan masyarakat lebih bijak dalam menyikapi isu fublik figur melalui media podcast.  

Kata Kunci: Ekspresi Sosial, Keterampilan Sosial, Podcast, Publik Figur.

References

Ajitha, K. (n.d.). “ Total Quality Management in Education ” A STUDY ON SOCIAL SKILLS AND ACADEMIC ACHIEVEMENTS AMONG D . EL . ED ( Diploma in Elementary Education ) TRAINEES OF DISTRICT INSTITUTE OF EDUCATION AND TRAINING KASARGOD “ Total Quality Management in Education .” 4–11.

Cin, Su & Utami, L. S. S. (2020). Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui Podcast. Koneksi, 4(2), 235–242.

Clayton, R. J., Hein, S., Keller-Margulis, M. A., & Gonzalez, J. E. (2022). Associations Between Social Skills, Inattention, and English Vocabulary Skills of Preschool Latinx Dual Language Learners. Journal of Research in Childhood Education, 36(2), 219–238. https://doi.org/10.1080/02568543.2021.1934200

Fatima, T., & Bilal, A. R. (2020). Achieving SME performance through individual entrepreneurial orientation: An active social networking perspective. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 12(3), 399–411. https://doi.org/10.1108/JEEE-03-2019-0037

Imarshan, I. (2021). Popularitas Podcast Sebagai Pilihan Sumber Informasi Bagi Masyarakat Sejak Pandemi Covid-19. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(2), 213. https://doi.org/10.24853/pk.5.2.213-221

Jurevičienė, M., Kaffemanienė, I., & Ruškus, J. (2018). Concept and Structural Components of Social Skills. Baltic Journal of Sport and Health Sciences, 3(86). https://doi.org/10.33607/bjshs.v3i86.266

Levinson, S., Eisenhower, A., Bush, H. H., Carter, A. S., & Blacher, J. (2020). Brief Report: Predicting Social Skills from Semantic, Syntactic, and Pragmatic Language Among Young Children with Autism Spectrum Disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 50(11), 4165–4175. https://doi.org/10.1007/s10803-020-04445-z

Moeller, R. W., & Seehuus, M. (2019). Loneliness as a mediator for college students’ social skills and experiences of depression and anxiety. Journal of Adolescence, 73(March), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2019.03.006

Pattipeilohy, E. M. (2015). Citra Diri Dan Popularitas Artis. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.24198/jkk.vol3n1.3

Renisyifa, A., Sunarti, S., & Pebriyanti, A. (2022). Podcast Media Credibility as a Means of Fulfilling Public Information. International Journal of Research and Applied Technology, 2(1), 226–232. https://doi.org/10.34010/injuratech.v2i1.6931

Sabilla, B. N., Nurhalimah, S., Rosyadha, N. A., & Laili, S. N. (2019). Kemampuan Mengenal Emosi Melalui Ekspresi Wajah Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. 38–44.

Silalahi, G. S. H., Luik, J., & Aritonang, A. I. (2021). Konten Klarifikasi Dalam Podcast Deddy Corbuzier. E-Komunikasi, 9(2). http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/11542

Suneki, & Haryono. (2012). Paradigma Teori Dramaturgi Terhadap Kehidupan Sosial. Civis, 2(2), 1–11.

Yin, R. (2009). Case Study Research: Design and Methods (4th ed.). Thousands Oaks.

Yoon, Y., Ko, W. R., Jang, M., Lee, J., Kim, J., & Lee, G. (2019). Robots learn social skills: End-to-end learning of co-speech gesture generation for humanoid robots. Proceedings - IEEE International Conference on Robotics and Automation, 2019-May, 4303–4309. https://doi.org/10.1109/ICRA.2019.8793720
Published
2024-03-05
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 10