Implementasi Pembelajaran IPS pada Multi-age Classroom (Studi Kasus di Sekolah Murid Merdeka Kota Bandung)
Keywords:
SDG’s 4, Non Formal, Pembelajaran IPS, Multi-age Classroom, Sekolah Murid MerdekaAbstract
Pembelajaran IPS tidak hanya dilaksanakan di sekolah formal saja melainkan juga di sekolah non-formal atau yang biasa disebut dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang mengusung program pendidikan kesetaraan. Tujuan penelitian ini menganalisis Pembelajaran IPS pada Multi-age Clasroom di Sekolah Murid Merdeka Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus di Sekolah Murid Merdeka Kota Bandung. Teknik Pengumpulan data, dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan bersama, Kepala Sekolah, dua Guru, dan Supervisor Sekolah Murid Merdeka Kota Bandung. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yaitu 1) Pembelajaran IPS pada multi-age classroom dilakukan menggunakan pendekatan student centered, dengan model, strategi, dan metode yang mendukung, serta sudah memperhatikan dimensi pembelajaran IPS dan memperhatikan seluruh komponen pembelajaran multi-age classroom. 2) Tantangan dan Hambatan ditemukan ditemukan dalam pelaksanaan pembelajaran serta dalam proses perancangan pembelajaran. 3) Pelaksanaan pembelajaran IPS pada Multi-age classroom di sekolah murid merdeka banyak menghasilkan dampak positif yang signifikan.
Downloads
References
Adam, A. (2022). Pembelajaran Kelas Rangkap (Multigrade Teaching) di Sekolah Dasar. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=r_mZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=tatangan+dan+hambatan+dalam+pembelajaran+multiage+classroom&ots=AxqmJza7X1&sig=rMHioIKI8wkO1vPyfdRTZC9It5I&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Amirusi, M., & Oktapyanto, R. R. Y. (2020). Pendidikan IPS Multikultural.
Anitah, S. (2019). Strategi Pembelajaran. 10190.
Arwildayanto, Suking, A., & Sumar, W. T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoritis, Eksploratif, dan Aplikatif. In The Journal of investigative dermatology (Vol. 60, Issue 5). https://doi.org/10.1111/1523-1747.ep12723167
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 10(1), 1–52.
bpk.go.id. (n.d.). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN. 4, 147–173. https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran.
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Edik Informatika, 3(2), 73–87. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320
Daryanto, S. K. (2017). Pembelajaran abad 21. Pembelajaran Abad 21 Yogyakarta, 276.
Hidayat, R. (2018). Dampak Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kelas Rangkap Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Ii Dan Iii Di Sd Negeri Gari Ii Wonosari the Impact of the Learning Implementation of the Multi Grade Teaching Toward Academic Achievement of Student in Class. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 36, 7.
Kemdikbud.go.id. (2022). Ilmu Pengetahuan Sosial Fase D. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/19. CP IPS.pdf
Kurnia Restanti, D. (2020). Penanaman Karakter Gotong Royong Dalam Kelas Multi-Usia Di Slb Negeri 1 Gunungkidul Planting of Royong ’ S Characters in Multi-Age Classes in Slb State 1 Gunungkidul. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 1(2), 62–72. http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/206/129
Mawardi, Wardani, N. S., Hardini, A. T. A., & Kristin, F. (2019). Model Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Kontekstual Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Belajar Siswa SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 48–61. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p48-61
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Nurfajariyah, A. F., & Kusumawati, E. R. (2023). Implementasi dan Tantangan Pembelajaran Tematik Terintegrasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics). 8(1), 49–63.
Peraturan.bpk.go.id. (2020). PERATURAN BUPATI PROBOLINGGO NOMOR : 18 TAHUN 2019 TENTANG PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (MULTIGRADE TEACHING). 6, 1–23.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Resmini, N. (2010). Model-Model Pembelajaran Terpadu. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–10.
Rojuli, S. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan IPS.
Rosada, A. (n.d.). Menjadi Guru Kreatif : Praktik-praktik Pembelajaran. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=DOUKEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA45&dq=penerapan+model+pembelajaran+multi+age+classroom&ots=nxg_iSQNri&sig=bm-TR7yA7v9Jv5iqFBh4gDHsSBk&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran.
Siahaan, S. (2018). Pembelajaran Rgam Kelas/Tingkatan (Multigrade Teaching) Di Sekolah Dasar (SD): Konsep dan Penerapannya. Jurnal Teknodik, 15, 043–067. https://doi.org/10.32550/teknodik.v4i15.382
Simanjuntak, T., & Ali Idrus, M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar IPS Terpadu Berkarakter SMP Kelas VII Semester I. Tekno Pedagogi, 3(2), 25–34. https://online-journal.unja.ac.id/pedagogi/article/view/2240/1577
Sukayati, & Wulandari, S. (2009). Pembelajaran Tematik. https://repositori.kemdikbud.go.id/7428/1/7.PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR.pdf
Sulhan, A., & Khairi, A. K. (2017). Konsep Dasar Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasae (SD/MI). In Вестник Росздравнадзора (Vol. 4, Issue 1). https://repository.uinmataram.ac.id/380/1/Pembelajaran Tematik_Compressed.pdf
Suriyanti, Y., & Thoharudin, M. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru IPS Terpadu. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 117. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3507

