PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS VI SDN TANAMERA I

Authors

  • MIFTAH ARIF ROHMAN

Abstract

Media permainan monopoli adalah suatu media yang dibuat dari permainan monopoli. Dengan kata lain, media ini berupa permainan monopoli yang isi dan beberapa aturannya sudah diubah dan disesuaikan dengan SK, KD, dan tujuan pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas, efektivitas, dan respon siswa setelah menggunakan media permainan monopoli untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran seni budaya dan keterampilan.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development / R&D). Metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kualitas dan keefektifan produk tersebut. Produk yang dihasilkan berupa permainan monopoli yang dikembangkan dan digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dibuat dengan delapan langkah, yaitu identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, perumusan butir-butir materi, perumusan alat ukur keberhasilan, penulisan naskah media, tes/uji coba, revisi, dan naskah siap produksi.

Setelah melewati beberapa tahap pengembangan, validasi dari ahli media dan materi dan uji coba terbatas produk yang dilakukan di kelas VI SDN Tanamera I, maka dapat diketahui kualitas, efektivitas, serta respon siswa. Dari proses penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Ditinjau dari segi kualitas, media permainan monopoli mendapatkan persentase sebesar 67,2% dari ahli materi sedang dari ahli media memperoleh persentase sebesar 75%. Jadi, media ini memiliki kualitas yang baik. 2) Dari segi keefektivitasan, terdapat dua aspek penilaian yakni dari soal tes dan observasi aktivitas siswa. Nilai rata-rata pada soal tes sebelum 46,75, sedangkan pada tes sesudah 78,92. Terjadi perbedaan signifikan antara tes sebelum dan sesudah menggunakan media. Dari hasil observasi pertemuan pertama menunjukkan persentase 69,64%, sedangkan pada pertemuan ketiga 83,93%. Jadi, dapat dikatakan bahwa media permainan monopoli ini efektif. 3) Respon siswa setelah menggunakan media permainan monopoli ini mendapat persentase 100%.

Dari hasil analisa yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa media permainan monopoli ini layak digunakan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan.

Kata Kunci: media pembelajaran dan permainan monopoli

Media of monopoly game is a media that is made of monopoly game. In other word, this media is different from the originally monopoly game, because it rule has changed with standard competence, basic competence and the learning purpose.

This research aimed to know the quality, the effectiveness, and the student response after using this media to improve their ability in the art lesson.

The research method is research and development/R&D.  This research method used to produce a product and examine quality and effectiveness the product. This pruduct output is monopoly game that developed and used for produce media of learning. This research is made of eight steps, those are the identification of needing, the formulation of purpose, the formulation of materials point, the formulation of result measurement, the media script writing, the experiment, the revision, and the script production.

After doing some elaborations, the validation from media expert and material expert and after doing experiment the limitation product in fifth grade of SDN Tanamera I, so we can know the quality, the effectiveness, and the students response of this media. In this process we can know the results are: 1) the quality, this media has percentage 67, 2% from material expert whereas from media expert it has percentage 75%. So, this media has good quality. 2) The effectiveness, is there two aspects scoring, these are from the questionnaire and the observation students activity. The subjection mean from questionnaire is 46,75 in the pre test before using the media monopoly game, but in the post test after using media monopoly game is 78,92. It has differences result between pre test and post test. The observation result in the first meeting has percentage 69,64% and in the third meeting has percentage 83,93%. So, this media is effectiveness to teach this lesson. 3) The students response after using this media is very enthusiastic in this lesson, their response are 100%.

From the analysis, we can conclude that this media of monopoly game is suitable for teaching art lesson.

Keywords: the media of learning and monopoly game

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-12-30
Abstract views: 598 , PDF Downloads: 759