PENGEMBANGAN MODUL KARYA SENI DAMARKURUNG UNTUK PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 GRESIK

Authors

  • AROFATUN

Abstract

Gresik merupakan kota tua yang memiliki nilai tradisi salah satunya ialah tradisi pemasangan Damar Kurung pada saat bulan Ramadhan. Akan tetapi seiring kemajuan teknologi masyarakat Gresik sendiri kurang begitu faham akan karya yang dimiliki khususnya siswa MAN 1 Gresik. Tidak adanya media yang mengangkat materi karya seni Damar Kurung di sekolah MAN 1 Gresik mengakibatkan siswa kesulitan dalam mempelajari materi karya seni Damar Kurung.

Masalah penelitian ini adalah Bagaimana konsep pengembangan modul, bagaimana langkah-langkahdesain pengembangan modul, bagaimana respon siswa terhadap pengembangan modul karya seni Damar Kurung untuk pembelajaran seni budaya kelas X di MAN 1 Gresik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (research and Development) dengan rancangan model 4-D yakni Define (Pendefinisian), Design (Pendefinisian), Develop (Pengembangan), Dessimanate (Penyebaran) akan penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Proses pengembangan modul melalui beberapa tahap, yakni; analisis kebutuhan siswa; desain awal modul draf I; validasi ahli materi; validasi ahli media; revisi draf I dan menghasilkan draf II; penilaian modul oleh guru seni budaya; uji coba terbatas; revisi draf II  dan menghasilkan draf III; uji coba luas; penilaian modul oleh siswa; modul final.Lokasi penelitian ini ialah sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik dengan subjek penelitian kelas X tahun ajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data melalui angket, validasi dan uji coba. Metode analisis datanya deskriptif kualitatif yang akan diskor dan dipersentasekan kemudian dideskripsikan sesuai dengan masing-masing kriteria penilaian.

Konsep pengembangan modul ini mengangkat materi karya seni Damar Kurung yang dikembangkan dalam sebuah modul dengan mengacu pada kurikulum 2013. Hasil penilaian modul oleh validator ahli materi memperoleh skor 3,5 (88%) yang  menunjukan bahwa modul termasuk dalam kategori sangat baik dan ahli media mendapatkan skor 33 (77%) yang dapat menunjukkan bahwa modul termasuk dalam kategori baik. Penilaian oleh guru seni budaya menunjukan baik, dengan skor 45 (75%). Hasil penilaian siswa terhadap modul saat uji coba terbatas rata-ratanya ialah 86% yang masuk pada kategori sangat baik. Kemudian penilaian siswa terhadap modul saat uji coba luas meningkat menjadi 89% yang termasuk pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa siswa memberikan respon yang baik terhadap pengembangan modul, modul pembelajaran karya seni Damar Kurung ini sangat membantu siswa dalam mempelajari materi karya seni Damar Kurung dan sudah layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci: Media, Modul, Karya Seni Damar Kurung.

Gresik is an old city which has value traditions; one of them is assembling Damar Kurung tradition on Ramadhan month. But, progression of technology and less of attention from the government about that artwork make Gresik people do not quite understand the artwork that they have especially the students of MAN 1 Gresik. There is no reference or media promote Damar Kurung artwork in MAN 1 Gresik which make the students get difficulties in learning lesson of Damar Kurung artwork.

Commonly, the problem of the research is how the concept of module development, how the steps of module development design, how the students’ responses toward the module development of Damar Kurung artwork learning of culture art for the tenth graders of  MAN 1 Gresik.

The research uses research and development approach with 4-D model design, they are define, design, develop, and disseminate. Because of limited research, so that, the research is only till to the development step. The process of module development through several steps, they are; analysis students needed; the first design of draft I module; validation of an expert lesson; validation of an expert media; revision of draft I and results draft II; module assessment by teacher of culture art; limited trial; revision of draft II and results draft III; wide trial; module assessment by students; and final module.The location of the research is Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik with the subject of research is tenth graders (X class) 2014/2015. The method of data collections are questionnaire, validation and trial. The method of data analysis uses descriptive qualitative that will be scored and presented, then described appropriate with assessment criteria.

The concept development of this module is raised about the artwork of Damar Kurung which develops by a module which refer to curriculum 2013. The result of module assessment by validation of an expert lesson gets score 3,5 (88%) which shows that module is included in very good category and an expert media gets score 33 (77%) which can shows that a module is included in good category. The teacher assessment of culture art shows good with score 45 (75%). The result of module assessment toward the limited trial module gets average score. That is 86% which include in very good category. Then the students’ assessment toward wide trial module is increased become 89% which include in very good category. Therefore, it can be asserted that the students get a good response toward the development module, learning module of Damar Kurung artwork help the students in learning the lesson of Damar Kurung artwork and already suitable used in learning at school.  

Keywords: Media, Module, Damar Kurung artwork

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-01-20
Abstract views: 35 , PDF Downloads: 40