KAJIAN SEMIOTIKA IKLAN PRODUK KOSMETIK MUSTIKA RATU TREN WARNA

  • YUNDA OSIANITA

Abstract

Dalam kehidupan manusia sehari-hari tidak pernah lepas dengan yang namanya iklan. Iklan adalah segalabentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat media dan ditujukan kepada sebagaian atauseluruh masyarakat Iklan bisa tampil dalam bentuk apapun salah satunya adalah media cetak seperti majalah,tabloid dan lain-lain. Di dalam iklan, terdapat pesan-pesan yang disampaikan melalui tanda-tanda. Sedangkantidak semua orang bisa memahami makna yang terkandung dalam tanda-tanda tersebut, sehingga pesan tidaktersampaikan secara efektif. Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda. Di majalah, termasukiklan yang banyak memuat tanda-tanda adalah iklan kosmetik. Mustika Ratu merupakan merek kosmetikyang sudah lama berdiri di Indoneisa namun tetap eksis mengeluarkan produk-produk kecantikan salahsatunya adalah Tren Warna dengan berbagai tema tradisional yang disesuaikan dengan kebutuhan wanitaIndonesia. Tema-tema tersebut dapat dilihat di iklan-iklan Mustika Ratu. Penelitian iklan Mustika Ratu TrenWarna yang diangkat penulis adalah tren warna 2011-2012. Secara visualisasi, iklan produk kosmetikMustika Ratu selalu mengangkat tema kebudayaan dan kekayaan alam Indonesia. Makna iklan-iklanMustika Ratu secara keseluruhan adalah memberikan pesan kepada pembaca bahwa prduk-produk tren warnatersebut apabila diaplikasikan pada wajah wanita akan menjadikan wanita itu indah dan cantik mempesona.

Kata Kunci : Iklan,Semiotika, Mustika Ratu

in daily life people never released from advertisement. Advertisement is a description about a product thatpublished trough the media and shows to the all of people in many shape, like magazine, newspaper etc. Inan advertisement there are many message that shows in some signs. But, not all of people can understood themessage og an advertisement effectively. Semiotics is a science that learned about sign. In magazine, theadvertisement that includes any signs is cosmetic advertisement. Mustika Ratu is an old cosmetic brand fromIndonesia but it is still exist to launched new beauty products. One of it is a product with colour as the themethat appropriate with Indonesia women. Those theme can explore from the advertisement of Mustika Ratuproduct. The research of mustika ratu tren colour advertisement that takes of the writer is trend colour 2011-2012.Based on the visualization, the advertisement always takes traditional and natural as the theme. Themeaning of the hole advertisements of mustika ratu is to give a message to all of the reader if the colour isapplied in indonesia women skin it will makes indonesia women look more beautiful.

Keywords: Advertisment, Semiotic, Mustika Ratu

Published
2015-07-14
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 72