HEWAN SEBAGAI OBJEK UTAMA DALAM PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS

  • RONALD P S

Abstract

Hewan atau disebut juga dengan Binatang adalah kelompok organisme yang diklasifikasikan dalam kerajaan Animalia atau metazoan, adalah salah satu dari berbagai mahluk hidup dibumi. Sebutan lainnya adalah fauna dan margasatwa (atau satwa saja).

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari hewan, contohnya kita bisa belajar dari kura-kura, jangan lambat seperti kura-kura. Maksudnya bahwa kita manusia harus mengadakan percepatan dalam kehidupan ini.

Seni Rupa sangat berhubungan erat dengan kreatifitas, seniman harus mampu menciptakan karya yang berbeda, dalam arti karya seni yang baru dan belum ada sebelumnya. Banyak hal yang bisa dikembangkan menjadi sebuah karya bila menggunakan objek hewan. Berangkat dari bagaimana kita manusia belajar dari kehidupan hewan sampai kepada memutuskan untuk menjadikan objek hewan sebagai objek utama dalam karya seni lukis. Disinilah dituntut kreatifitas para seniman untuk mengolah konsep itu semua menjadi sebuah karya.

Berawal dari rasa tertarik pada karya-karya yang menggunakan objek hewan, dan mencoba mengeksplorasi karya dengan objek hewan. Realita kehidupan masyarakat  sehari- hari menjadi inspirasi yang kuat bagi penulis dalam menghasilkan karya-karya. Dengan mengangkat  objek hewan sebagai objek utama dalam berkarya, menjadikan pesan yang akan penulis sampaikan lewat lukisan atau gambar-gambar bisa tersampaikan dengan baik.

Karya-karya penulis ini menceritakan bagaimana realita yang sedang terjadi atau harapan-harapan penulis terhadap lingkungan sosial masyarakat serta motivasi kepada setiap individu yang mengapresiasi karya penulis.

Karya penulis ini semuanya dituang dengan menggunakan cat acrylic diatas kanvas agar tujuan penulis bisa disampaikan secara tegas lewat lukisan-lukisan.

Animals also called Beast is a group of organisms that are classified in the kingdom Animalia or metazoan, is one of the various living creatures on earth. Other designations are fauna and wildlife (or any animal).

 There are many things we can learn from animals, for example, we can learn from the turtles, do not slow like a turtle. It means that we humans should hold acceleration in this life.

Art is very closely linked to creativity, the artist must be able to create different works, in the sense of new works of art and have not been there before. Many things can be developed into a work object when using animals. Departing from how we humans learn from the life of the animal until the animal decides to make the object as the main attraction in the paintings. This is where the creativity of the artists are required to process the concept that all into a masterpiece.

Starting from an interest in the works that uses the object animals, and try to explore the work with animal objects. The daily reality of people's lives into a powerful inspiration for the author in producing works. By lifting the object animals as the main object in the work, which would make the authors convey messages through paintings or drawings can be conveyed properly.

The works of these authors tells how reality is happening or expectations of the authors of the social environment and motivation for individuals who appreciate the work of the author.

The author's works are all poured by using acrylic paint on canvas so that the author's purpose can be conveyed clearly through the paintings

Published
2015-07-27
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 148