DESAIN PERANCANGAN BUKU POP-UP PERANCANGAN BUKU POP-UP MENGENAL CANDI BAJANG RATU TROWULAN

  • PURWITANING DYAH RAHAYU

Abstract

Sejarah yang ada di negara kita Indonesia sangatlah beragam dan penting untuk dipelajari dan dikenalkan sejak dini kepada anak – anak. Ada banyak macam bangunan peninggalan bersejarah yang ada di Indonesia, termasuk peninggalan yang ada di Mojokerto. Pada masa sekarang ini banyak anak – anak bahkan orang dewasa yang belum tahu sejarah mengenai candi Bajang Ratu. Pembuatan media kreatif diharapkan dapat mengenalkan secara kreatif kepada anak – anak sejak dini dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya diantaranya adalah buku pop-up “Mengenal Candi Bajang Ratu Trowulan”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan. Proses pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode observasi , wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan teknik validasi data dan desain untuk mengetahui kevalidan buku pop-up yang akan dibuat. Untuk penerapan buku pop-up “Mengenal Candi Bajang Ratu, Trowulan” akan diuji coba terbatas kepada 3 anak usia antara 5 – 8 tahun. Pada tahap awal proses perancangan buku pop-up “Mengenal Candi Bajang Ratu, Trowulan”, yaitu terlebih dahulu melewati proses pembuatan sinopsis susunan buku , membuat ilustrasi candi dan membuat karakter tokoh yang ada dalam cerita sejarah ,membuat susunan sketsa ilustrasi, membuat dummy pop–up dari sketsa ilustrasi, memindah komponen dummy menjadi file dalam komputer, melakukan proses pewarnaan dengan menggunakan software digital photoshop dan paint tool, mencetak komponen pop-up pada kertas Art Paper 260 gram berukuran A3, memotong setiap bagian komponen pop-up, merakit komponen pop-up dan yang terakhir melakukan penjilidan ilustrasi pop-up dengan hard cover. Desain buku pop – up “Mengenal Candi Bajang Ratu, Trowulan” setiap halamannya dibuat banyak ilustrasi gambar dan minim tulisan. Uji coba dilakukan hanya untuk melihat apakah anak tertarik dengan buku pop-up yang telah dirancang. Dan ketika anak tertarik untuk lebih memahami dan mempelajari dapat dikatakan bahwa buku perancangan yang dibuat telah berhasil dan dapat membantu anak belajar dengan metode yang kreatif dan menyenangkan .

Kata Kunci : Buku Pop-Up, Candi Bajang Ratu, Trowulan

History in our country Indonesia is very diverse and it is important to be studied and introduced early to our children. Many kinds of historical heritage buildings in Indonesia , including in Mojokerto. At the present time many children and even adults who do not know the history of the temple of Bajang Ratu. Making creative media is expected to introduce creatively to children from an early age in a fun way. One of them include a pop -up book "Understanding Bajang Ratu Temple Trowulan ". The method used in this research is the development method. The process of collecting data in this study conducted by the method of observation , interviews , and documentation as well as using data validation techniques and designs to determine the validity of the pop -up book to be created. For the implementation of pop -up book " Understanding Bajang Ratu Temple Trowulan " will be tested is limited to 3 children aged between 5-8 years . In the early stages or process design pop-up book " Understanding Bajang Ratu Temple Trowulan " , which is first passed through the process of making a synopsis of the composition of the book , illustrating the temple and make the character in the story of history, making the arrangement sketched illustrations , create a dummy pop -up of sketch illustration , move the dummy components into a file in the computer , perform the coloring process by using digital software photoshop and paint tool, printing component pop-up on Art Paper 260 grams of A3 size , cut off any pop -up component parts , assembling components pop - ups and the latter did bindery illustrations pop -up with a hard cover . Book design pop - up " Understanding Bajang Ratu Temple Trowulan " every page created many illustrations and minimal Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Volume 03 Nomor 03, Tahun 2015, 177-182 text.The test is done to see if the child is only interested in the pop -up book that has been designed. And when children are interested to better understand and learn it can be said that the book design made have been successful and can help children learn the methods of creative and fun .

Keywords : Pop - Up Book , Bajang Ratu Temple, Trowulan

Published
2016-01-20
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 94