PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN KERIPIK SINGKONG PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN KERIPIK SINGKONG UD. AJI JAYA MAKMUR DI KECAMATAN CERME DI KABUPATEN GRESIK

  • RIKI DWI SETIAWAN

Abstract

Industri usaha kecil dan menengah keripik singkong (UKM) UD. Aji Jaya Makmur dikenal sebagai sentra industri makanan ringan, diantaranya adalah keripik singkong dengan varian rasa gurih yang terdapat di kabupaten Gresik terdapat di dusun Ngebret desa Morowudi kecamatan Cerme. Usaha yang telah dirintis sejak tahun 2003 tersebut tahun demi tahun semakin berkembang. Pada awalnya hanya dipasarkan secara lokal di kabupaten Gresik dan sekitarnya. Namun kini sudah merambah ke luar Jawa seperti Kalimantan dan memiliki potensi untuk menjadi produk makanan ringan yang nikmat dan aman dikonsumsi untuk sehari-hari. Untuk itu perlu adanya pengembangan desain kemasan untuk menghadapi pemasaran wilayah yang luas agar lebih dapat bersaing, menarik serta diminati konsumen. Sumber data diambil dengan wawancara kepada pemilik UD. Aji Jaya Makmur. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi; metode analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif ; Hasil karya desain kemasan dengan tema “Have Fun”. Visualisasi karya diolah menggunakan software Corel Draw dan adobe photoshop. Pengembangan desain kemasan ini diharapkan dapat memberikan masukan yang mendalam serta meningkatkan khualitas desain kemasan produknya kepada UD. Aji Jaya Makmur.

Kata Kunci : Desain Grafis, Kemasan, Keripik Singkong, UD. Aji Jaya Makmur

 Small and medium industrial enterprises of cassava chips (SMES) of Aji Jaya Makmur Enterprise is known as the center of snack industry, such as cassava chips with savory flavors located in Gresik, particularly in Ngebret Orchard Morowudi village Cerme districts. The enterprise that has been initiated since 2003 is growing well year to year. Basically it is only marketed locally in Gresik and surrounding counties. But now it has been expanded to the outside of Java such as Kalimantan and it has the potential to be a delicious snack products and safe for daily consumption. So that it needs the development of packaging designs to face the marketing in a large area in order to make it more competitive, attractive and consumer demand. Sources of data taken with an interview to the owner of Aji Jaya Makmur enterprise. Data collection Technique includes interviews, observation, and documentation; Data analysis using qualitative analysis techniques; The work of packaging design with the theme "Have Fun". Visualization works processed using Corel Draw and Adobe Photoshop software. Development of packaging design is expected to provide depth feedback and to improve product packaging design quality to Aji Jaya Makmur Enterprise.

Keywords: Graphic Design, Packaging, Cassava Chips, Aji Jaya Makmur Enterprise

Published
2016-01-20
Abstract Views: 126
PDF Downloads: 295