PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MUSEUM MANDHILARAS DI KABUPATEN PAMEKASAN

  • KHOLID MANSYUR SANTOSO

Abstract

 

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman budaya yang secara tidak langsung juga menjadi sorotan mata dunia. Kekayaan dan keanekaragaman budaya di Indonesia memang harus kita banggakan dan kita jaga. Pamekasan adalah kabupaten yang terletak di wilayah pulau Madura provinsi Jawa Timur, yang kaya akan warisan budaya daerah seperti, Karapan sapi, situs Batu Ampar, Panembahan Ronggo sukowati dan lain sebagainya. Semua itu dirangkum dalam pengadaan museum. Museum Mandhilaras merupakan museum milik pemerintah pamekasan yang bertujuan untuk menyimpan, merawat, melestarikan dan membina warisan budaya (Madura), yang kemudian disajikan kepada umum. Namun pengadaan museum Mandhilaras kurang dipahami keberadaanya. Salah satu faktor adalah kurangnya media informasi. Karena media yang digunakan hanya dengan menggunakan katalog sebagai media promosinya. Akan tetapi dinilai kurang maksimal jika digunakan untuk mempromosikan museum Mandhilaras yang terbilang baru pengadaannya. Karena fenomena yang terjadi dikalangan masyarakat, museum tidak terlalu dikenal oleh masyarakat Pamekasan. Untuk itu peneliti ingin meneliti perancangan desain media promosi untuk museum Mandhilaras, dengan krtiteria desain yang baik menurut ilmu desain grafis.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perancangan karya desain grafis periklanan untuk promosi museum Mandhilaras di kabupaten Pamekasan. Lokasi penelitian dikabupaten pamekasan, dengan mengunakan metode kualitatif. Wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi, digunakan sebagai cara untuk mengumpulkan data dari para informan.

Kata kunci : Desain grafis, Periklanan, Promosi, Museum Mandhilaras.  

 

 

Indonesia is a country rich in cultural diversity, which indirectly also highlighted the eyes of the world. Richness and diversity of culture in Indonesia indeed we should be proud and we keep. Pamekasan is a district located in the island of Madura, East Java province, which is rich in cultural heritage areas such as, KarapanSapi (Bull race), BatuAmpar, PanembahanRonggoSukowati and others. All of them are summarized in the procurement of the museum. Mandhilaras Museum is a museum owned by the government Pamekasan which aims to keep, maintain, preserve and develop the cultural heritage (Madura), which is then presented to the public. However the procurement of museum Mandhilaras poorly understood existence. One factor is the lack of information media. Because the media are used only by using catalogs as media promotion.But considered less leverage if used to promote the museum Mandhilaras relatively new procurement. Due to a phenomenon that occurs among the public, the museum is not very well known by the public Pamekasan. To the researchers wanted to examine the design of the design of promotional media for Mandhilaras museum, with a good design krtiteria according to the science of graphic design. This study aims to determine how to design advertising graphic design work for the promotion of the museum Mandhilaras in Pamekasan. Location dikabupatenPamekasan research, using a qualitative method. In-depth interviews, documentation and observation, is used as a way to collect data from informants.

Keywords: Graphic Design, Advertising, Promotion, Mandhilaras Museum.

Published
2016-01-26
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 198