ANALISIS VISUAL KARAKTER TOKOH UTAMA KOMIK “AL-FATIH 1453; BATTLE OF VARNA” KARYA HANDRI SATRIA

  • ELVANA OKTAVIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menangalisa visual serta karakter tokoh utama. Visual yang di analisis meliputi unsur dan prinsip rupa serta analisis karakter berdasarkan kesesuaian dengan visual tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi, studi pustaka dan wawancara. Sumber data berasal dari data primer berupa visual tokoh utama dalam komik tersebut, serta data sekunder melalui referensi dan informan. Teknik validitas data berupa triangulasi sumber dan metode. Keseluruhan visual yang dianalisis diambil dari beberapa ilustrasi yang berdasarkan hal-hal baik dan aktivitas yang patut diteladani dari tokoh utama dalam komik tersebut, yaitu 7 visual  tokoh Muhammad Al-Fatih, 4 visual tokoh Sultan Murad II dan 3 visual tokoh Aaq Syamsuddin.

Analisis visual meliputi unsur dan prinsip rupa. Berdasarkan analisis karakter, Muhammad Al-Fatih memiliki kesungguhan untuk mewujudkan cita-cita melalui usaha-usaha yang yang didasarkan kepada aktivitas fisik, akal serta agama yang sekaligus menjadi visi dan misi kehidupannya. Sultan Murad II, memiliki karakter yang taat pada agama, penyayang serta memiliki strategi yang bagus dalam berperang, menjadi contoh sebagai sosok figur ayah sekaligus pemimpin umat yang baik. Aaq Syamsuddin, memiliki karakter sebagai orang yang cerdas, menguasai ilmu pengetahuan dunia dan agama. Ketiga tokoh tersebut mengajarkan kepada kita bahwa orientasi kehidupan tidak hanya untuk dunia saja, tetapi karena dorongan atau tuntutan agama.

Diharapkan bagi ilustrator, dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam pembuatan komik berikutnya, yakni untuk perbaikan dalam pemilihan warna dan kekuatan karakter yang dimunculkan. Sementara itu, untuk para peneliti berikutnya diharapkan dapat menganalisis gaya visual baik dari segi tampilan hingga yang berhubungan dengan kebudayaan.

Kata Kunci: Analisis Visual, Karakter, Komik Al-Fatih 1453

Published
2016-05-12
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 64