PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP WACHID HASJIM 9 SEDATI SIDOARJO

  • FAJAR SOLIKHUDIN

Abstract

Terdapat perbedaan yang cukup kontras mengenai kurikulum nasional pada sekolah non Madrasah, dengan kurikulum sekolah Madrasah dalam kegiatan pembelajaran seni budaya khususnya materi menggambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang persiapan pembelajaran, perangkat pembelajaran di dalam kegiatan belajar, serta kendala yang ada di dalam pelaksanaan mata pelajaran seni budaya yang berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMP Wachid Hasjim 9 Sedati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Di dalam penelitian kualitatif penggalian data digunakan yaitu observasi, wawancara, pengamatan, dan pemanfaatkan dokumentasi dan angket.  Persiapan perangkat pembelajaran oleh guru sudah sesuai dengan pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan diterapkan di SMP Wachid Hasjim 9 sudah sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran. Meskipun terdapat ciri khas tersendiri dalam pelaksanaan mata pelajaran seni budaya berdasarkan kurikulum KTSP yaitu dengan menggabungkan salah satu hukum syariat agama Islam ke dalam pelaksanaan pembelajaran materi menggambar di mata pelajaran seni budaya. Serta masih adanya kendala yang dijumpai pada sekolah madrasah yaitu, kurangnya sarana dan prasarana untuk pembelajaran. baik itu dalam bentuk referensi buku untuk siswa belajar materi seni budaya ataupun sumber lain misalnya yaitu contoh gambar atau film mengenai seni budaya. Selain itu belum lengkapnya penyediaan fasilitas sekolah menjadikan kurang menunjangnya kegiatan pembelajaran seni budaya di sekolah tersebut.

Kata kunci : Seni budaya, KTSP, SMP Wachid Hasjim 9

Published
2016-05-16
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 115