METODE PEMBELAJARAN SANGGAR LUKIS DAUN DI DESA BANJARSARI, KABUPATEN GRESIK
Abstract
Adanya beberapa sanggar lukis ternyata juga melahirkan metode pembelajaran yang terbaik untuk mengembangkan potensi anak didiknya. Salah satu sanggar yang memiliki metode pembelajaran berbeda tersebut adalah sanggar lukis DAUN, yang hingga kini telah mampu mengantarkan anak didiknya ke kompetisi Internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran yang diterapkan di Sanggar Lukis Daun, mendeskripsikan tema dan alasan dari penggunaan tema di sanggar lukis DAUN, dan mengetahui hasil karya anak didik sanggar lukis DAUN dilihat dari aspek, tema yang diangkat,teknik, media atau bahan. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan Observasi terang-terang, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan pengumpulan data menyatakan terus terang kepada sumber data, bahwa peneliti sedang melakukan penelitian (overt observation dan convert observation), fungsinya untuk memperoleh data kualitatif tentang metode pembelajaran yang dipakai di Sanggar Lukis DAUN dan hasil karya anak-anak sanggar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan di Sanggar Lukis DAUN sangatlah efektif bagi perkembangan karakter anak. Karena tema-tema yang diangkat dalam lukisan mereka adalah tentang lingkungan sekitar dan sejarah kebudayaan dengan menerapkan metode pembelajaran kelompok berdasarkan wilayah, yang dinamakan dengan Exclussive Mobile Class.
Kata Kunci: Sanggar Lukis, Metode Pembelajaran
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

