PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PROMOSI WISATA PARALAYANG DI BATU
Abstract
Paralayang Gunung Banyak adalah satu-satunya wana wisata terbang dirgantara yang ada di Batu Malang, Jawa Timur. Federasi Internasional Aero Sport menilai lokasi di Gunung Banyak dinilai paling layak untuk menggelar pertandingan paralayang tingkat dunia, karena memilki standar dan tingkat kesulitannya dengan grade-1 (tertinggi). Lokasi penelitian di Gunung Banyak, Batu Malang. Sumber data yang diperoleh diambil dengan wawancara pada narasumber dan data tertulis dari narasumber.Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi; metode analisis data menggunakan analisis SWOT dan USP. Serta menggunakan teknik review desain untuk mengetahui kelayakan desain yang akan dibuat. Hasil karya desain meliputi billboard, brosur dan iklan majalah dengan tema “Adventure”. Tahap awal proses perancangan desain dimulai dari membuat thumbnail, kemudian dilanjutkan dengan proses tight tissue dengan visualisasi menggunakan software Adobe Photoshop CS5. Review desain dilakukan oleh validator dan kemudian dilanjutkan dengan proses akhir yaitu produksi atau final art yang dibuat dalam skala kecil atau mock up. Perancangan ini diharapkan dapat menghasilkan karya desain periklanan yang unik dan kreatif dan bisa mendukung tercapainya tujuan promosi kepada masyarakat.
Kata Kunci:Desain Komunikasi Visual, Periklanan, Promosi, Paralayang, Gunung Banyak
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

