PENGARUH PRESTASI MENGGAMBAR RAGAM HIAS TERHADAP PEMBUATAN MOZAIK DI SMP NEGERI 1 WONOAYU

  • MOCH ZAENAL ABIDIN

Abstract

Pembelajaran seni rupa di sekolah memberikan suatu kepekaan estetis untuk siswa. Pembelajaran seni rupa ragam hias di SMP pada umumnya diberikan secara mendasar. Untuk menumbuhkan suatu yang estetis, maka perlu diberikan pembelajaran yang dapat menumbuhkan rasa kepekaan tersebut, seperti pembelajaran ragam hias, gambar bentuk dan lain-lain. Pembelajaran ini diharapkan dapat menumbuhkan kepekaan siswa untuk mengolah kreaktifitas dalam pembuatan karya mereka. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Wonoayu, Sidoarjo. Dengan sampel kelas VIII-F sebanyak 35 siswa. Pada awal pertemuan siswa diberikan materi dasar tentang ragam hias kemudian siswa diberikan tugas menggambar ragam hias. Dan pada pertemuan selanjutnya siswa diberikan materi tentang Mozaik. Untuk tugas membuat mozaik siswa diberikan tugas membuat mozaik dari biji-bijian. Berdasarkan data yang telah didapat yaitu daftar nilai yang selanjutnya akan diolah dan dianalisis ke dalam rumus regresi Y̑= α + bx dan hasil yang didapatkan yaitu Y̑ =24,819 + 0,712X kemudian data diuji hipotesisnya dengan menggunakan rumus korelasi sederhana, yang memiliki hasil sebagai berikut dengan nilai determinasinya r sebesar 0,784 dan koefisien determinasinya r2 = 0,614. Hal ini berarti rata-rata nilai pembuatan mozaik setelah diberikan tugas menggambar ragam hias 61,4 %. Ditentukan oleh nilai menggambar ragam hias yang diberikan melalui persamaan regresi Y̑=24,819 + 0,712X. sisanya 38,6% ditentukan oleh faktor lain. Menurut hasil pengujian bahwa Menggambar Ragam Hias berpengaruh terhadap pembuatan Mozaik ragam hias biji-bijian oleh siswa kelas VIII-F  di SMPN 1 Wonoayu dengan hasil yang signifikan.

Kata kunci: menggambar, ragam hias, mozaik

Published
2016-12-21
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 261