Perancangan Desain Kemasan untuk Gallery Dahlia Sidoarjo

  • RATIKA DWI ANGGRAINI

Abstract

Gallery Batik Tulis Dahlia merupakan Home industry batik yang berdiri sejak tahun 1975. Motif batik yang dimiliki oleh Gallery Batik Tulis Dahlia dipastikan tidak ada yang sama dari pertama produksi hingga sekarang, menurut pemiliknya yaitu bapak H.Miftah. Disamping banyaknya pelanggan milik Gallery Dahlia, kurang di-imbangi dengan kemasan yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman. Ditambah logo yang susah dikenali dan minim keterbacaannya. Perlu ditambahkan juga media pendukung sebagai sarana promosi untuk Gallery Dahlia. Penelitian ini menggunakan metode SWOT, USP, informan review dan Positioning. Hasil perancangan desain kemasan diwujudkan dalam bentuk desain kemasan untuk pakaian pria, pakaian wanita, pakaian anak-anak dan, kain batik tulis. Untuk hasil perancangan desain media diwujudkan dalam bentuk totebag, pouch, sticker, gantungan kunci, poster profile perusahaan dan poster acara sekaligus promosi bagi Gallery Dahlia. Kesimpulannya selain menginovasi logo dan kemasan, desain media sebagai media promosi juga dirancang untuk lebih menarik perhatian konsumen agar betah berlangganan di Gallery Dahlia.

Kata Kunci : Inovasi Desain Kemasan, Desain Kemasan, Gallery Batik Tulis Dahlia.

Published
2017-01-11
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 56