CERITA RAKYAT CINDELARAS DALAM PENCIPTAAN SENI LUKIS DEKORATIF

  • AGAM PRAMANTA

Abstract

ABSTRAK

Keberadaan cerita rakyat atau dongeng di Indonesia semakin menghilang keberadaannya, cerita rakyat merupakan peninggalan seni sastra yang menurut penulis harus dijaga kelestariannya. Dari dasar pemikiran itu penulis ingin menampilkan bentuk yang berbeda dari yang lain yang berawal dari rasa ingin untuk melestarikan keberadaan cerita rakyat nusantara yaitu menampilkan dalam bentuk seni lukis dekoratif yang mengangkat salah satu dongeng yaitu cerita rakyat Cindelaras versi Jawa dengan gaya dekoratif.

                Dalam pembentukan karya lukis ini melalui beberapa proses atau tahap dalam mencapai kesuksesannya yaitu tahap pembuatan sketsa, pemilihan bahan dan teknik pembentukan karya lukis. Dalam tahap pembuatan sketsa sampai proses finishing.

                 Pada proses perwujudan karya ini dipaparkan secara keseluruhan langkah-langkah proses dari awal sampai akhir yaitu : mulai proses pembuatan desain, dari Desain karya sebelumnya kemudian di pindahkan pada kanvas dengan menggunakan pensil HB. Sketsa di atas kanvas tersebut kemudian diberi warna menggunakan cat akrilik .Agar bisa mendapatkan warna yang lebih tajam objek juga di berikan teknik blok dengan menggunakan warna putih terlebih dahulu .Pada sebagian lukisan di berikan unsur tekstur semu  di atas objek dengan menggunakan sikat gigi .Dalam proses finishing hampir semua bidang sudah diisi penuh dengan objek atau deformasi menggunakan media cat acrylic, barulah penggunaan motif-motif. Pada sentuhan akhir yaitu dengan teknik titik-titik maupun garis ,dengan mengunakan cat timbul astro maupun menggunakan kuas kecil pada bidang-bidang yang dirasa kurang harmonis baik warna maupun bentuk.

                Dari seluruh perencanaan dan melalui proses yang cukup panjang, akhirnya skripsi dengan judul “Teknik Seni Lukis Dekoratif Sebagai Ilustrasi Cerita Rakyat Cindelaras” telah selesai di susun dengan perwujudan 6 karya lukis Dekoratif.

Kata kunci: Seni lukis Dekoratif, Cerita Rakyat cindelaras.

Published
2017-05-12
Abstract Views: 132
PDF Downloads: 582