PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK ANYAM BAMBU DI DESA SUKOLILO KECAMATAN SUKODADI KABUPATEN LAMONGAN

  • ARIS NASHRUDDIN MULYA

Abstract

Abstrak

Desa Sukolilo kecamatan Sukodadi adalah desa yang menjadi sentra industri kerajinan anyaman bambu di Kabupaten Lamongan, sebagian besar mata pencaharian warga setempat adalah sebagai pembuat produk kipas, sehingga desa ini menjadi produsen kipas terbesar di Kabupaten Lamongan, produk kipas ini diturunkan nenek moyang mereka sejak tahun 1958 sampai sekarang, Ketrampilan para perajin di desa Sukolilo kiranya perlu diwadahi dan dikembangkan lebih lanjut agar produk yang dibuat lebih beragam dan dapat meningkatkan harga jualnya sehingga menjadi produk baru yang teruji dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Hal itulah yang menjadi dasar dilakukannya penelitian ini.

Adapun permasalahan dalam penelitian ini diantaranya adalah, bagaimana bentuk produk yang sudah dihasilkan, bagaimana proses pengembangan desain produk anyam bambu di desa Sukolilo dan bagaimana hasil penerapan desain pengembangan produk anyam bambu yang telah dilakukan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  penelitian dan pengembangan (Research and Developmt/ R&D).

Kerajinan anyaman bambu di desa Sukolilo kecamatan Sukodadi kabupaten Lamongan dikembangkan menjadi macam-macam desain lampu dengan mengangkat benda fungsional sebagai tema produk yang dikembangkan, desain lampu diharapkan bukan hanya bermanfaat bagi masyarakat luas saja, tapi berguna juga bagi warga desa sukolilo sendiri, untuk proses produksi anyaman sendiri dilakukan di malam hari juga, desain produk yang dibuat sejumblah 22 desain, diantaranya yaitu 10 lampu gantung, 3 Standing Lamp/(lampu berdiri),  3 Lampu Dinding, dan 6 lampu meja. 22 desain lampu tersebut di validasikan pada 2 validator yaitu ibu Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn. yang ahli dalam membuat benda kerajinan dan Bpk Asan selaku pengrajin dan pemilik home industri Berkah Anyam, hasil produk yang dihasilkan adalah: 3 Lampu gantung, 1 Lampu dinding, 1 Lampu berdiri (Standing Lamp), dan 1 lampu meja.

Kata kunci: Desain, Anyam , Bambu, Desa Sukolilo

Published
2017-05-12
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 91