PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO GAMBAR BENTUK DALAM MATA PELAJARAN SENI RUPA UNTUK SISWA KELAS VII SMP

  • RENI YOGA VALENTINO

Abstract

Abstrak

Pembelajaran merupakan aktualisasi kurikulum yang menuntut aktivitas, kreatifitas, dan kearifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan kegiatan peserta didik sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan secara efektif dan menyenangkan. Dalam proses menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, guru harus mengetahui hakikat dari pembelajaran itu sendiri yaitu bahwa pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah yang nantinya diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi penyerapan materi ajar oleh siswa.

Latar belakang penelitian yaitu membantu guru seni budaya  SMP GIRI SURYA Surabaya yang mengalami keterbatasan dalam hal menyampaikan materi tentang seni rupa murni terutama dalam materi Gambar Bentuk. Karena berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti selama dilapangan dapat diperoleh keterangan bahwa di SMP GIRI SURYA Surabaya, guru seni budaya di SMP tersebut menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Maka dari sinilah peneliti membuat media berupa video pembelajaran gambar bentuk guna membantu proses belajar mengajar menggambar bentuk di SMP GIRI SURYA Surabaya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Prosedur Pembuatan media video gambar bentuk untuk siswa kelas VII SMP Giri Surya, 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran video bentuk untuk siswa kelas VII SMP Giri Surya berdasarkan ahli materi dan ahli media, 3) Bagaimana respon siswa terhadap media video Gambar Bentuk yang di kembangkan

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dalam bidang pendidikan dengan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Dimana penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan langkah Pengembangan  Media Video Gambar Bentuk Dalam Mata Pelajaran Seni Rupa Uutuk Siswa SMP Kelas VII dan mengetahui pengaruh dari Media Video Gambar Bentuk Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Uutuk Siswa SMP Kelas VII Giri Surya Surabaya.

Berdasarkan hasil analisis kelayakan media Video Pembelajaran Materi Gambar Bentuk dibuat setelah melakukan penelitian, dimulai dari survei lapangan, menganalisis kebutuhan siswa, tahap pemilihan media, penyusunan media, validasi ahli, revisi, pemakaian media dan penulisan laporan. Berdasarkan hasil validator ahli media yaitu terdiri dari dua guru seni rupa, mendapatkan skor nilai sebesar 87% dengan kategori” sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran, dengan kriteria penilaian yaitu validasi penilaian materi dengan skor prosentase sebesar 91%, validasi penyajian video mendapatkan skor prosentase sebesar 85%, dan validasi kebahasaan media video mendapatkan skor prosentase sebesar 85%. Dari hasil penilaian validator ahli mendapatkan kesimpulan bahwa media video pembelajaran gambar bentuk sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dan dari hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa siswa merespon dengan baik adanya media Video Pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran, dengan prosentase rata-rata mencapai 2,86% dengan kategori “memenuhi” standart kriteria penilaian respon siswa. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video gambar bentuk layak digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata kunci: Pendidikan, media, video, pembelajaran, gambar bentuk

Published
2017-05-12
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 67