PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK MENGGUNAKAN STRATEGI OUTDOOR UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WRINGINANOM
Abstract
Abstrak
Dalam pembelajaran gambar bentuk, aspek perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran perlu dilakukan secara maksimal agar nantinya tujuan dapat tercapai sehingga mendapatkan hasil pembelajaran yang efektif. Dalam hal ini berkenaan dengan materi gambar bentuk, guru senantiasa melakukan pembelajaran di dalam ruang kelas walaupun ada beberapa aspek yang belum terpenuhi seperti tingkat kejenuhan siswa , pengambilan sudut obyek tidak sesuai karena pengaturan tempat duduk, hasil pembelajaran yang kurang efektif karena strategi pembelajaran dinilai kurang menarik.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) akivitas guru dan siswa pada saat proses pembelajaran gambar bentukmenggunakan strategioutdoor untuk meningkatkan proses dan hasil nelajar siswa kelas VII di SMPN 1 Wringinanom ,(2) hasil pembelajaran gambar bentuk menggunakan strategi outdooroleh siswa kelas VII di SMPN 1 Wringinanom. (3) dan Efektivitas yang ditimbulkan setelah melaksanakan pembelajaran gambar bentuk menggunakan strategi outdoor.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan analisis data deskriptif kulaitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan di SMPN 1 Wringinanom, Gresik. Dengan sampel kelas VII-F sebanyak 34 siswa
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keseluruhan siswa kelas VII F mengalami peningkatan dengan total nilai 2640 dengan rata-rata 77,65 di bandingkan pada saat Pre-test yang keseluruhan kelas hanya mendapat 2402 dengan rata-rata 70,64% membuktikan bahwa guru seni budaya beserta para siswa kelas VII F sudah melakukan kegiatan pendekatan outdoor dengan baik dimana tingkat ketuntasan akhir mencapai 100% untuk kelas VII F.
Kata Kunci:Pembelajaran,Gambar bentuk, Strategi outdoor, PTK, SMPN 1 Wringinanom
PDF Downloads: 249